Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Tangan Bergetar Sudah Pasti Parkinson?

Senin 16 Sep 2019 07:45 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Penyakit parkinson

Penyakit parkinson

Foto: care2
Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan tangan bergetar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika anda gugup atau sedikit lebih bersemangat, kemungkinan jari-jari anda akan bergetar walaupun sedikit. Namun jika tangan anda bergetar lebih dari biasanya, itu menjadi kekhawatiran, apalagi sekarang banyak yang mengaitkannya dengan tremor atau kondisi yang lebih serius, yakni Parkinson.

Jika anda pernah mengalaminya, jangan berpikiran buruk dahulu. Sebab seperti dilansir Prevention pada Ahad (15/9), ada beberapa kemungkinan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pertama, sebagai manusia yang sehat, tubuh anda termasuk lengan anda memiliki getaran alami selama 24/7. Menurut ahli saraf The Neurology Center di Mercy Medical Center di Baltimore, James Bernheimer, MD hal tersebut disebut "tremor fisiologis"

"Setiap orang memiliki sedikit dari itu karena Anda tidak pernah benar-benar diam, dan setiap orang merasakannya, walau tidak sadar," kata Dr. Bernheimer. Getaran kecil itu bisa lebih terlihat ketika melakukan aktivitas kecil seperti memasukan benang ke jarum.

Alasan kedua, bisa saja anda sedang mengalami emosi yang kuat. Emosi itu memicu sistem saraf otonom Anda untuk "meningkatkan" tremor fisiologis tersebut. Sehingga ketika anda merasa terancam atau rentan, sistem saraf simpatik Anda (yang merupakan bagian dari sistem saraf otonom Anda) memberi sinyal pada kelenjar adrenalin untuk melepaskan epinefrin (alias adrenalin) ke dalam tubuh Anda.

Namun demikian, di urutan ketiga, bisa saja Gula darah Anda juga rendah. Profesor bedah saraf di Weill Cornell Medicine, Michael G. Kaplitt mengatakan, bahwa otak bertanggung jawab untuk mengendalikan rasa stabilitas. Jadi ketika otak tidak mendapatkan makanan yang dibutuhkannya, dimungkinkan akan mengalami getaran

Alasan keempat tangan anda bergetar juga bisa saja karena anda tidak cukup tidur. Ketika anda kurang tidur, otak anda tidak berfungsi, oleh sebab itu, tubuh menggunakan waktu tidur untuk mengatur ulang dan memperbaiki sel. Jadi jika anda memaksa tubuh untuk beraktifitas pada jam yang disarankan, itu juga berarti bahwa anda memaksa tubuh anda untuk berfungsi di kala stress dan menyebabkan getaran di tangan.

Kemudian kelima, jika anda terlalu banyak mengonsumsi kafein (atau zat lain), bisa juga menyebabkan hal yang sama. Pada dasarnya jika kita terlalu sedikit minum dan lebih banyak kopi atau the, maka itu akan memengaruhi sistem saraf otonom kita dan dapat menyebabkan kita merasa gelisah.

Di urutan terakhir, penyebab terparah kalau tangan anda bergetar adalah, anda bisa menderita penyakit Parkinson atau Multiple Sclerosis. Keduanya diketahui merusak system saraf, namun demikian tetap bermanifestasi dengan cara yang berbeda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA