Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Main Medsos Tiga Jam Sehari Berpotensi Alami Gangguan Mental

Kamis 12 Sep 2019 13:50 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Depresi (ilustrasi).

Depresi (ilustrasi).

Foto: tribune.com.pk
Efek bermain medsos bisa berupa depresi hingga kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di media sosial lebih mungkin memiliki masalah kesehatan mental. Gangguan tersebut termasuk depresi, kecemasan, agresi, dan perilaku antisosial.

Baca Juga

Hampir 6.600 orang Amerika berusia 12 hingga 15 tahun melaporkan sendiri terkait waktu yang mereka habiskan per hari di media sosial. Lantas, apakah mereka memiliki masalah kesehatan mental?

Dilansir di Technology Review, Kamis (12/9) disebutkan, para peneliti menemukan bahwa tiga jam menggunakan media sosial berkorelasi dengan tingkat masalah kesehatan mental yang lebih tinggi. Menurut penelitian, efek dari konsumsi media sosial pada remaja bermanifestasi dalam dua cara utama.

Pertama, secara internal, misalnya depresi dan kecemasan. Kedua, dari segi eksternal, yakni perilaku agresif atau perilaku antisosial. Efek eksternal pada dasarnya tidak ada di antara remaja yang melaporkan bahwa mereka tidak menggunakan media sosial.

Peneliti dari University of California, Irvine, menyarankan bahwa tidak ada hubungan antara waktu menggunakan teknologi dan kesehatan mental. Namun media sosial, mungkin berbeda. Penelitian menemukan hubungan yang mengkhawatirkan antara penggunaan media sosial dan kecanduan media sosial.

Remaja saat ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan Facebook, mereka lebih cenderung memakai TikTok. Mereka juga menggunakan media sosial secara berbeda. Gaya pesan teks Snapchatting atau Instagram dapat menjelaskan mengapa beberapa remaja begitu banyak menggunakan media sosial.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA