Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

7 Manfaat Bangun Pagi

Kamis 12 Sep 2019 08:00 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda

Untuk membiasakan berolahraga coba bangunlah lebih pagi dan mulai ritual di awal hari dengan berolahraga.

Untuk membiasakan berolahraga coba bangunlah lebih pagi dan mulai ritual di awal hari dengan berolahraga.

Foto: Republika/Prayogi
Bangun pagi mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan dan produktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang ingin bangun pagi, tetapi hanya sedikit yang berhasil melakukannya secara konsisten. Padahal, menurut sejumlah penelitian bangun lebih awal mempunyai segudang manfaat.

Baca Juga

Tentu saja, untuk bangun lebih awal Anda harus merelakan waktu tidur Anda berkurang daripada hari–hari biasanya. Lebih banyak waktu terjaga juga bisa berarti lebih produktif.

Selain itu, bangun pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tidur memperbaiki semua jaringan, termasuk pikiran dan kulit.

Berikut manfaat bangun pagi seperti dilansir dari Blodsky, Rabu (11/9).

Membantu menjaga diet sehat
Sarapan adalah salah satu rutinitas terpenting  untuk meningkatkan aktivitas seharian. Ketika bangun pagi, tubuh secara alami terbiasa dipasok makanan di pagi hari. Melewatkan sarapan menyebabkan kebiasaan makan yang buruk dan meningkatkan kecenderungan untuk makan junk food.

Lebih banyak waktu untuk berolahraga
Salah satu alasan paling umum orang yang tidak bisa olahraga setiap hari adalah terlambat bangun. Bangun pagi memungkinkan Anda memanfaatkan waktu untuk berolahraga. Meskipun memungkinkan untuk berolahraga di malam hari, olahraga pagi akan membuat Anda berenergi sepanjang hari.

Meningkatkan kesehatan kulit
Mirip dengan kebiasaan berolahraga dan sarapan, bangun pagi dapat membantu dalam meningkatkan kualitas kulit. Dengan bangun pagi secara alami kulit akan mendapatkan hidrasi, oksigenasi, dan peningkatan aliran darah.

Meningkatkan produktivitas
Pagi hari adalah waktu paling produktif dalam sehari. Bangun pagi-pagi membantu Anda lebih fokus pada tugas-tugas penting tanpa gangguan. Bersamaan dengan itu, otak seseorang berada pada level paling optimal di pagi hari dan pada gilirannya berkontribusi terhadap pengambilan keputusan yang lebih baik.

Meningkatkan tingkat konsentrasi
Bangun pagi membantu meningkatkan tingkat konsentrasi. Otak dapat berkonsentrasi lebih baik dan menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien. Studi terbaru menunjukkan bahwa bangun pagi cenderung berkinerja baik secara akademis daripada mereka yang suka begadang.

Meningkatkan kualitas tidur
Bangun pagi dapat meningkatkan kualitas tidur karena tubuh akan terbiasa dengan rutinitas, menjadi lebih mudah untuk tertidur, dan bangun lebih awal. Kebiasaan tersebut bermanfaat untuk jam internal tubuhdan berada pada rutinitas yang dapat diprediksi membantu untuk bangun dengan perasaan cukup istirahat

Membuat Anda lebih tenang
Mereka yang menyukai kesunyian pagi hari bahkan dapat bermeditasi dengan bangun pagi. Pikiran yang damai dapat memberikan kekuatan untuk mencapai produktivitas lebih banyak.

Keheningan dan kedamaian yang didapat seseorang selama berjam-jam dalam satu hari tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga tubuh Anda. Meskipun mungkin tampak sulit, bangun pagi dapat bermanfaat bagi dalam banyak hal, dari meningkatkan kesehatan mental, emosi, dan fisik hingga membantu menguasai diri sendiri.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA