Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Tip Meracik Kopi yang Enak pada Pagi Hari

Jumat 13 Sep 2019 01:27 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Focus

Foto: Focus

Pencinta kopi kerap membuka hari dengan menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari.

Ceknricek.com -- Pencinta kopi kerap membuka hari dengan menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari. Ada kenikmatan tersendiri saat kafein masuk ke dalam tubuh dan membangunkan kamu sepenuhnya.

Tidak heran apabila kopi sering disebut-sebut sebagai "mood booster"Berikut 5 tips meracik kopi yang enak di pagi hari.

Pilih kopi terbaik
Anda harus banyak mencoba aneka kopi agar punya perbandingan sebelum menentukan kopi favorit. Tidak ada salahnya memilih kopi sachet kalau mau yang praktis, tapi menyeduh bubuk kopi dari awal memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan selera pribadi.

Sebaiknya, bji kopi giling tidak distok untuk jangka waktu panjang karena rasanya tidak lagi segar. Beli saja secukupnya untuk 1-2 minggu, misalnya, dan giling sesaat kamu hendak menyeduhnya. 

Sesuai takaran
Air yang digunakan untuk menyeduh kopi, juga memengaruhi rasanya. Oleh karena itu, pakai air mineral yang tidak berbau atau punya rasa kaporit.

Takaran umum untuk membuat secangkir secangkir kopi (ukuran 170 ml) membutuhkan dua sendok makan bubuk kopi atau tergantung selera pribadi. Jangan lupa simpan kembali biji kopi di tempat kedap udara dan dalam suhu ruang agar tidak merusak cita rasanya.

Seduh dengan benar
Jika menggunakan teknik pour-over (menuang langsung), pastikan air berada pada suhu 90˚-96˚C (kira-kira satu menit setelah mendidih) dan memakai filter berkualitas baik. Tuang air panas ke bagian tengah biji kopi yang baru digiling kemudian lanjutkan ke arah luar dengan gerakan memutar. Hentikan menuang sebelum air menetes dari filter agar kopi punya kesempatan untuk ‘bereaksi’.

Tuangkan kembali air hingga tetesannya turun dengan sendirinya yang biasanya butuh waktu 3-4 menit hingga secangkir kopi siap diminum. Jika kamu menggunakan coffee maker, baca buku petunjuknya agar tidak salah langkah.

Bersihkan alat setelah dipakai 
Jadwalkan secara teratur --setidaknya satu bulan sekali-- untuk membersihkan coffee maker agar alat tahan lama. Gunakan campuran cuka dan air untuk menghilangkan ampas atau residu yang tertinggal.

Bersihkan pula bagian penyimpanan dan penggilingan biji kopi dengan saksama setiap minggu. Bilas di bawah air mengalir sebelum kembali digunakan.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA