Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Melatih Kemampuan dan Ketajaman Otak

Rabu 11 Sep 2019 05:36 WIB

Rep: MGROL Widya/ Red: Nora Azizah

Bermain puzzle dengan anak

Bermain puzzle dengan anak

Foto: ideaforkids.com
Menjaga kesehatan otak tidak terbatas pada usia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Otak merupakan organ terpenting kita. Otak menghubungkan semua kinerja organ serta sistem tubuh pada semua hal yang kita lakukan. Sama seperti organ tubuh lainnya, kita juga harus merawat otak kita. Hal ini juga ditujukan kepada semua rentang usia.

Baca Juga

Dilansir melalui Healthline, Rabu (11/9), untuk itu anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang terbukti dapat memberikan manfaat terbaik untuk meningkatkan ketajaman dan kemampuan otak.

 

Bermain teka-teki gambar
Teka teki gambar (jigsaw puzzle) dapat mengasah kemampuan otak anda dalam menemukan gambar besar dari bentuk-bentuk terpisahnya. Sebuah riset telah menunjukkan bahwa melakukan teka-teki gambar dapat merekrut beberapa kemampuan kognitif dan merupakan faktor pelindung untuk penuaan kognitif visuospatial.

Bermain Kartu
Bermain kartu juga dapat mengasah kemampuan otak anda. Permainan kartu seperti bridge dan solitaire dapat membuat anda berpikir jauh kedepan pada pilihan-pilihan yang ada. Para peneliti yang melakukan penelitian pada 2015 Trusted Source tentang aktivitas stimulasi mental untuk orang dewasa, mengatakan permainan kartu cepat dapat menyebabkan volume otak yang lebih besar di beberapa daerah di otak.

Membangun Kosakata
Kaya akan Kosakata tentu tidak hanya akan membuat anda lebih pintar, tetapi juga merangsang kerja otak. Penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak daerah otak yang terlibat dalam tugas-tugas kosakata. Hal ini dapat ditemukan dalam bidang-bidang penting untuk pemrosesan visual dan pendengaran.

 

Menari
Setelah semua trik mengasah otak berbentuk permainan serta  mengarah pada pemikiran yang berkala, Trik ini akan sedikit berbeda, karena mengharuskan kamu untuk dapat berekspresi sebebas-bebasnya. Center for Disease Prevention dan ControlTrusted Source mencatat bahwa mempelajari gerakan dansa baru dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan dan memori otak Anda. Cobalah menari di waktu-waktu yang ada, seperti mungkin menari Zumba ataupun Jazz.

Menggunakan kelima panca indera
Indera pada manusia terbagi atas penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman, dan sentuhan. Dengan memaksimalkan kelima indera, kita dapat memaksimalkan pula potensi otak kita dengan merangsangnya pada indera yang kita miliki.
Contohnya, saat memasak seluruh indera kita gunakan, dari melihat persiapan memasak, mendengarkan bunyi pisau memotong sayur, mencicipi sup yang tengah dimasak, mencium sedapnya hidangan, serta merasakan langsung kegiatan tersebut.


Mendengarkan atau Bermain Musik
Studi dan penelitian music dalam mengasah kemampuan otak tidak perlu dilakukan lagi. Menurut sebuah studi 2017Trusted Source, mendengarkan lagu-lagu bahagia membantu untuk menghasilkan solusi yang lebih inovatif dibandingkan dengan diam. Sehingga mengolah beberapa musik yang kita sukai, tentunya dapat membantu meningkatkan daya pikir dan daya otak Anda.


Meditasi
Melakukan Meditasi (renungan) setiap hari dapat menenangkan tubuh Anda, serta membantu dalam mengatur pernapasan, dan mengurangi stres serta kecemasan. Memberikan waktu pada diri sendiri untuk merenung, akan meningkatkan ketenangan diri dan kefokusan.

Pelajari Bahasa Baru
Selain mengasah kosakata, kita akan banyak menemukan pengertian serta kata-kata baru lewat bahasa yang berbeda-beda. Mempelajari bahasa baru dapat memberikan manfaat kognitif dari mampu berbicara lebih dari satu bahasa. Menurut banyak penelitian, bilingualisme dapat berkontribusi pada memori yang lebih baik, peningkatan keterampilan visual-spasial, dan tingkat kreativitas yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA