Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Yuk, Cari Tahu Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Rabu 11 Sep 2019 04:30 WIB

Rep: MGROL Arrin/ Red: Nora Azizah

Ilustrasi kopi.

Ilustrasi kopi.

Foto: EPA/WU HONG
Mengonsumsi kopi bisa meningkatkan performa fisik hingga risiko terkena kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan penemuan baru-baru ini, 200 penemuan akademis seputar khasiat kopi ditemukan. Dilansir melalui fastcompany, Rabu (11/9), meta-analisis yang dicetak di jurnal ulasan rekanan medis BMJ ini menemukan bahwa mengkonsumsi 3-4 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko kematian dari berbagai penyebab dan memperkecil kemungkinan terkena kanker.

Baca Juga

Terlebih lagi, studi terbaru lainnya (yang beberapa diantaranya juga termasuk dalam meta-analisis) juga menyematkan manfaat lain yang ditawarkan dari meminum kopi. Laporan dari jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menghubungkan konsumsi kopi dengan peningkatan performa fisik dan kognitif, sesuai dengan penemuan pada sebagian besar urin dari 20.866 atlet Olympic ditemukan mengandung kafein.

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan pada Journal of Alzheimer’s Disease mendapati orang yang meminum sedikitnya 1-2 cangkir kopi perhari, lebih kecil berkemungkinan gangguan kognitif ringan. Ditambah dengan sebuah penelitian 10 tahun yang juga dimuat dalam jurnal JAMA juga menyebutkan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengatur suasana hati dengan memberikan akses neurotransmitter di otak untuk melepaskan dopamin dan serotonin — hormon bahagia.

Agar kopi lebih kaya manfaat, dianjurkan untuk tidak menambahkan krim dan gula. Keduanya harus dihindari karena dapat menambah kalori tak terbutuhkan dan lemak jenuh (dengan demikian mengurangi manfaat kesehatan kopi).

Tetapi, bagi siapa yang belum terbiasa untuk meminum kopi murni, almond, kelapa, dan susu oat tanpa pemanis bisa menjadi alternatif sehat yang bisa dicoba. Untuk mendapatkan susu yang benar-benar hangat, creamy, dan lembut, cobalah untuk menggunakan pembuih professional, seperti HIC Milk Creamer Frother. Selain itu, jika anda mencari produk bebas susu, oat milk menjadi solusi terbaik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA