Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Utang Lunas, Ingat 4 Poin Penting Ini Biar Keuangan Aman

Selasa 10 Sep 2019 15:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Jangan membiarkan kondisi keuangan tanpa rencana jangka panjang.

Utang merupakan beban bagi keuangan, terutama jika jumlahnya terbilang banyak. Utang bisa saja membuat keuangan menjadi kacau. Bahkan dalam waktu yang panjang sekalipun, selama utang tersebut belum juga terlunasi dengan baik. Jumlah pemasukan dan juga pengeluaran bisa saja menjadi tidak seimbang, sehingga mengganggu berbagai pos penting di dalam keuangan. 

Namun ketika berhasil melunasi utang yang selama ini membebani keuangan, maka kondisi keuangan tentu akan membaik. Anda bisa lebih leluasa dalam mengelola keuangan yang semakin sehat dan bebas utang seperti ini.

Penting bagi Anda untuk segera melakukan berbagai langkah yang tepat setelah berhasil melunasi utang-utang yang dimiliki. Jangan sampai terlalu senang dan membiarkan kondisi keuangan tanpa rencana jangka panjang yang matang. 

Segera membenahi kembali keuangan, sehingga menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda mencapai berbagai tujuan keuangan yang lebih tepat di masa yang akan datang. Bagaimanapun juga, Anda tentu tidak ingin kembali memiliki keuangan yang dibebani dengan sejumlah utang, bukan?

Berikut ini Cermati.com mengulas dari berbagai sumber beberapa langkah penting yang wajib dilakukan di dalam keuangan setelah melakukan pelunasan utang.

 1. Hitung dan Atur Kembali Anggaran

anggaran

Hitung dan atur kembali anggaran keuangan

Saat sudah melunasi utang, kondisi keuangan tentu akan membaik, namun bukan berarti Anda bisa membelanjakan uang untuk berbagai keperluan dengan sesuka hati. Tindakan seperti ini sangat beresiko membuat keuangan menjadi bermasalah kembali di kemudian hari. 

Pastikan melakukan langkah pertama yang sangat penting di dalam keuangan, yakni dengan menghitung dan mengatur kembali anggaran keuangan dengan tepat. Beban pengeluaran tentu berkurang setelah adanya pelunasan utang, sehingga bisa mengalokasikan sejumlah dana yang dimiliki untuk kebutuhan penting lainnya. Hindari membelanjakan uang untuk berbagai keperluan yang tidak begitu penting, meskipun Anda memiliki dana yang cukup untuk hal tersebut. 

Catat dan susunlah pengeluaran dengan ketat, di mana Anda melakukan penghematan, namun berbagai kebutuhan pokok tetap bisa terpenuhi dengan baik. Jangan lupa untuk mengalokasikan sejumlah dana ke dalam pos tabungan sesaat setelah gajian, sehingga Anda tidak menggunakan uang untuk berbagai hal yang tidak perlu.

Baca Juga: Ingin Utang Segera Lunas? Lakukan 5 Langkah Proaktif Ini

2. Mulai Kumpulkan Dana Darurat

Berbagai masalah di dalam keuangan biasanya muncul akibat tidak adanya dana darurat yang tersedia. Hal ini bisa saja berakibat fatal, termasuk menimbulkan sejumlah utang di dalam keuangan. Dana darurat disiapkan untuk mengatasi berbagai kondisi yang tidak direncanakan di dalam keuangan, seperti: kehilangan pekerjaan, butuh biaya berobat pasca kecelakaan, perbaikan rumah setelah bencana alam, dan yang lainnya.

Pastikan segera mulai mengumpulkan dana darurat ini di dalam keuangan, sehingga keuangan menjadi lebih aman dan minim resiko di masa yang akan datang. Setidaknya, Anda harus mengumpulkan dana darurat dengan jumlah minimal 6 kali biaya hidup setiap bulanannya. Jadikan dana darurat ini sebagai prioritas di dalam keuangan, sehingga Anda fokus untuk mengumpulkannya dalam jumlah yang tepat secepatnya.

Baca Juga: 6 Keuntungan Melakukan Pelunasan Utang Lebih Cepat

3. Mulai Lakukan Investasi

investasi

Mulai lakukan investasi

Investasi juga menjadi hal penting lainnya yang harus segera dilakukan di dalam keuangan. Hal ini tentu sudah tidak terlalu sulit untuk dilakukan, jika sudah tidak memiliki beban utang di dalam keuangan Anda. Tidak harus dalam jumlah yang besar sekaligus, investasi juga bisa dimulai dari jumlah yang kecil. 

Saat ini, ada banyak investasi online yang bisa diakses dengan mudah dan praktis, bahkan dengan dana yang kecil sekalipun. Pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu investasi yang menjadi pilihan secara detail, sebelum akhirnya memutuskan untuk memulainya. Hal ini penting, untuk memastikan Anda memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola investasi tersebut di masa yang akan datang.

4. Fokus dan jadikan investasi sebagai prioritas 

Investasi akan membantu keuangan menjadi mapan dan tetap berjalan dengan lancar di masa yang akan datang. Anda perlu memilih instrumen yang tepat, termasuk investasi jangka panjang yang baru akan menghasilkan di masa yang akan datang. 

Selalu sisihkan sebagian uang Anda untuk investasi ini, agar kelak bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal untuk menopang keuangan di masa yang akan datang. Kesampingkan berbagai hal lainnya yang tidak perlu, jadikanlah investasi ini sebagai prioritas di dalam keuangan mulai saat ini.

Kelola Keuangan dengan Maksimal

Berbahagia dan merasa tenang ketika utang terlunaskan boleh-boleh saja, tapi jangan berlarut dalam waktu lama. Sebab, ada hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan sesegera mungkin agar keuangan tetap aman, yaitu mengelola keuangan dengan maksimal mulai dari mengatur anggaran bulanan, melakukan penghematan, menabung hingga berinvestasi.

Baca Juga: Selalu Terbelit Utang? Ini Dia Cara Ampuh Membebaskan Diri dari Utang!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA