Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Buah-Buahan Berwarna Biru yang Kaya Manfaat

Selasa 10 Sep 2019 13:18 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah

Blueberry

Blueberry

Buah berwarna biru kaya akan polifenol yang bermanfaat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Warna biru pada sejumlah buah-buahan ternyata karena mengandung senyawa polifenol. Tak hanya memberikan warna biru, senyawa tersebut juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga

Berdasarkan data Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (AS) menyebut, senyawa polifenol dalam buah-buahan bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko obesitas, mencegah diabetes tipe dua dan juga mencegah kanker jenis tertentu. Seperti dikutip dari healthline.com, Selasa (10/9), berikut tujuh buah berwarna biru yang sangat bagus untuk kesehatan.

Pertama, bluberry. Selain rendah kalori, termyata bluberi adalah jenis buah yang tinggi serad dan mengandung vitamin C dan K. Buah beri juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa menagkal radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi anthocyanin dari blueberry dan buah-buahan serta sayuran lainnya dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan kondisi otak seperti Alzheimer.

Kedua, blackberry. Buah berwarna biru gelap ini juga mengandung vitamin C dan K. Vitamin K sendiri sangat penting untuk pembekuan darah juga membirikan kesehatan pada tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis.

Ketiga, elderberry. Buah yang terkenal dalam pengobatan hampir di seluruh dunia ini dapat membantu tubuh melawan dingin dan flu denhan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, senyawanya mengakitkan sel-sel kekebalan tubuh sehingga membuat diri Anda sembuh lebih cepat jika terserang flu.

Keempat, anggur concord. Anggur jenis ini berfungsi untuk antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sejumalah penelitian juga menyebut, buah ini dapat meningkatkan daya ingat, suasana hati, dan penyembuhan otak.

Kelima, anggur hitam. Buah yang sangat asam ini mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Selain itu juga bagus untuk kesehatan jantung dan juga berfungsi untuk pemeliharaan kulit, tulang dan gigi.

Keenam, prem damson. Ini adalah jenis buah yang biasanya diolah menjadi selai biru. Buah ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, termasuk mengatasi sembelit.

Ketujuh, tomat biru atau tomat ungu. Buah ini mengandung antioksidan. Selain itu, sejumlah penelitian juga menyebut buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker prostat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA