Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Tips Sukses Menjadi Penyelenggara Event

Selasa 10 Sep 2019 05:35 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Konser musik (ilustrasi).

Konser musik (ilustrasi).

Foto: flickriver.com
Ada beberapa kiat yang bisa diperhatikan agar sukses menjadi penyelenggara event.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi penyelenggara event, terutama bagi pemula, butuh kiat-kiat tertentu. Chief Operation Officer Kiostix Endah Lestari membagikan beberapa tips sukses menjadi penyelenggara event (event organizer). 

"Buat event yang paling digemari serta kuasai terlebih dahulu serta cakupannya jangan terlalu luas," kata Endah kepada ribuan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Serpong Tangerang, Senin (9/9).

Menurut Endah tidak perlu menggunakan teknologi informasi yang canggih dulu sebagai tahap awal, misalnya cukup menggunakan grup whatsapp untuk menjaring peserta. Endah menyebutkan sebagai langkah awal tidak perlu penampilannya terlalu mewah buat sederhana saja namun yang paling penting saat pelaksanaannya berjalan harus sukses.

"Karena dari kesuksesan itu maka rekan-rekan mulai percaya terhadap kemampuan anda sebagai penyelenggara event," ujar dia.

Adapun Endah menyampaikan yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis event adalah pemasaran, kreativitas, investor, riset pasar, kompetitor, nilai, konsumen, potensi, dan harus berani tampil beda.

Selain itu Endah juga menyampaikan keberhasilan bisnis event juga mempertimbangkan faktor keberuntungan, serta usahakan bertemu investor dengan orang yang tepat dan tempat yang tepat.

Soal tiket masuk, Endah juga memberikan masukan sebaiknya dibuat kelompok-kelompok yang paling ekslusif dan yang paling terjangkau karena kedua kelompok itu yang paling laris dalam setiap penyelenggaraan event.

"Tiket yang paling mahal atau eksklusif paling banyak dicari terutama untuk event musik karena munculnya tren media sosial. Penonton sebagian besar ingin eksis terlihat di media sosial bersama dengan pemusik kesukaannya," ujar Endah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA