Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Manfaat Pisang untuk Kulit dan Rambut

Senin 09 Sep 2019 16:10 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Buah pisang.

Buah pisang.

Foto: Pexels
Pisang membantu kulit dan rambut terhidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang menjadi salah satu buah yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Buah berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan tentunya mudah ditemukan.

Baca Juga

Selain untuk kesehatan tubuh, pisang juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnya kulit dan rambut. Buah yang kaya dengan kalium, serta vitamin A, B, dan C ini tentunya perlu dimasukkan dalam salah satu ritual perawataan sehari-hari.

Dilansir Indian Express, berikut beberapa manfaat pisang untuk kecantikan kulit dan rambut.

Sebagai pelembab dan pengontrol minyak

Pakar perawatan kulit dari The Body Shop, Plabita Sharma mengatakan pisang adalah rahasia kulit yang terawat dengan baik karena membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

“Ini juga membantu melembabkan kulit kering, menjadikannya lembut dan kenyal. Vitamin A dalam pisang mengembalikan kelembaban kulit dan menghaluskan tekstur kasar dengan menyembuhkan kulit kering,” ujar Sharma.

Selain itu, pisau juga dapat mengontrol minyak berlebih di kulit. Buah ini  berfungsi sebagai eksfoliator untuk membantu mengelupaskan sebum berlebih di permukaan kulit, khususnya wajah.

Mengobati jerawat

Pisang memiliki  banyak nutrisi seperti vitamin A, seng, dan mangan, yang anti-inflamasi. Mengoleskan kulit pisang pada wajah Anda bertindak sebagai penghalang noda, dan juga membantu dalam mengobati jerawat.

Mengatasi ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh iritasi kulit kepala, serta kulit kepala yang kering, serta jamur dan bakteri patogen. Karena itu, Sharma mengataan sangat baik jika masker pisang diberikan di kulit kepala yang berfungsi menambah kelembaban, sekaligus membersihkan dari jamur dan bakteri penyebab ketombe.

“Memberikan masker pisang ke kulit kepala Anda dapat menambah kelembaban yang mengurangi kering dan juga membersihkan kulit kepala dari mikroskopis yang menyebabkan ketombe," jelas Sharma.

Menghaluskan rambut keriting

Pisang dapat membantu menghaluskan rambut keriting karena memiliki kandungan silika yang tinggi. Silika diserap oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen, atau protein bahan penyusun rambut yang sehat dan indah.

Membuat rambut berkilau

Pisang adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rambut yang lembut, halus, mudah diatur, serta lembab. Kandungan potasium, vitamin, kalsium, dan karbohidratnya yang kaya, serta minyak alami, pisang memberi nutrisi pada rambut, membuatnya halus dan berkilau.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Antioksidan dalam pisang juga dapat meresap di kulit kepala dan rambut Anda dengan sistem pertahanan yang lebih kuat, serta mengurangi stres oksidatif, yang menajdi faktor utama rambut terlihat rapuh dan menua. Karena itu, dengan menggunakan pisang secara lebih sering dapat membuat folikel rambut lebih kuat dan tumbuh lebih lama.

Selain itu, Sharman mengatakan selama berabad-abad, dari kulit pisang, daun, bunga dan buahnya telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, ekstrak dari berbagai bagian pisang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang bermanfaat untuk kesehatan secara besar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA