Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Memilih Buah Kiwi yang Tepat

Senin 09 Sep 2019 14:27 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Buah kiwi.

Buah kiwi.

Foto: Flickr
Tekan sedikit buah kiwi, pilih yang tidak terlalu keras atau lembek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiwi adalah buah asal Selandia Baru yang disukai masyarakat Indonesia. Kiwi ini identik dengan rasa asam. Tapi bila beruntung Anda bisa mendapatkan yang manis.

Baca Juga

Executive Chef The Dharmawangsa Jakarta, I Made Kona, menjelaskan saat memilih buah kiwi, Anda harus sedikit menekannya. Pastikan kiwi yang Anda pilih tidak terlalu keras, juga tidak terlalu lembek.

"Gunakan perasaan Anda, kalau terlalu keras, rasanya sangat asam, vitaminnya juga belum ada. Pilih yang kerasnya pas agar tingkat kematangan kiwi pas. Teksturnya kuat. Barulah kita bisa manfaatkan," jelasnya di sela acara konferensi pers Taste of New Zealand di Jakarta belum lama ini.

Selain dari tekstur, aroma juga bisa menjadi salah satu indikator memilih kiwi. Kiwi memiliki aroma asam yang kuat bila dipotong.

Bila terlalu muda, tekstur kiwi keras, rasanya pun terlalu tinggi. "Tidak bagus langsung konsumsi. Biarkan beberapa saat," ujarnya.

Ketika sudah mendapatkan kiwi yang matangnya pas, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Tinggal dibelah dan dikerok pakai sendok. "Ini tipikal natural bagaimana mengonsumsi kiwi. Kiwi harus segar."

Selain dimakan langsung, kiwi juga bisa dijadikan es krim, gelato, bahkan selai. Rasa kiwinya akan keluar asal jangan dimasak terlalu matang. "Nutrisi tidak hilang asal menggunakan temperatur yang sesuai," ujar Made Kona.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA