Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Diskusikan 5 Hal Penting ini Sebelum Pensiun

Senin 09 Sep 2019 09:43 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Sudah berdiskusi dengan pasangan menyoal menyusun rencana masa pensiun?

Masa pensiun pasti akan dialami oleh semua orang yang dimana orang tersebut sudah tidak berkesempatan lagi berkarir dalam dunia perkantoran, baik itu kantor milik pemerintah maupun swasta. Masa ini juga yang biasa digunakan oleh seseorang untuk menikmati hasil dari pekerjaan yang telah dilakukan.

Meski begitu, menghadapi masa-masa pensiun bukanlah hal yang mudah, bukan pula hal yang sulit atau menyeramkan. Namun bagi Anda yang menghadapi masa pensiun memilliki tantangan-tantangan tersendiri.

Ini bisa diatasi dengan mudah, yaitu setiap orang haruslah mempersiapkan masa pensiun sejak dini. Berdiskusi bersama pasangan membahas apa saja yang perlu disiapkan sebelum pensiun penting untuk dilakukan. Tujuannya untuk menentukan bagaimanakah nantinya menikmati dan menjalani kehidupan bersama ketika memasuki pensiun.

Nah, berikut ini ada beberapa hal penting yang bisa dibicarakan bersama pasangan sebelum memasuki masa pensiun yang telah dilansir Cermati.com dari berbagai sumber, di antaranya:

 

1. Tempat Tinggal

Tempat tinggal menjadi cukup penting untuk dibahas. Mengapa? Karena masa pensiun pada umumnya dialami orang yang berusia cukup lanjut. Untuk itu, perlu ditentukan sedini mungkin. Apakah akan tinggal bersama anak? Atau lebih memilih hanya berdua saja bersama pasangan? 

Bisa juga membuat rencana menjual rumah yang saat ini ditempati dan membeli rumah dengan ukuran yang lebih kecil atau memilih tinggal di desa yang tenang dan menyewakan rumah yang saat ini ditinggali kepada orang lain.

Menyewakan rumah juga menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari dana pensiun tiap bulannya. Dengan begitu sejumlah dana yang dimiliki bisa Anda nikmati berdua pasangan, atau dikelola kembali.

Baca Juga: 

2. Memilih Bekerja Kembali atau Tidak

pensiun

Memilih bekerja kembali atau tidak

Masa pensiun memang menjadi masa dimana Anda dan pasangan bisa menikmati hasil bekerja selama ini, tapi bukan berarti tidak bisa bekerja lagi. Anda tentu masih bisa bekerja sambilan untuk mengisi waktu dan menambah penghasilan, misalnya saja dengan membuka usaha kecil-kecilan.

Namun, bagi Anda yang sudah memutuskan untuk menikmati masa-masa pensiun saja, tentunya harus menciptakan sumber-sumber penghasilan lain ketika berada di usia yang produktif, atau ketika masih bekerja, yaitu membangun beberapa jenis usaha atau dengan berinvestasi.

Misalkan, selain menjadi karyawan juga memiliki usaha yang sesuai dengan passion. Berwirausaha juga bisa di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, otomotif atau bidang-bidang lainnya.

Hampir sama dengan berwirausaha, investasi pun demikian. Di era sekarang ini untuk berinvestasi lebih mudah. Anda bisa memilih berinvestasi di bidang properti, saham dan surat berharga, p2p lending dan lainnya.

Sumber-sumber penghasilan  itulah yang mampu membuat Anda semakin menikmati masa pensiun bersama dengan pasangan.

3. Jenis Pensiun yang Diharapkan

Ada banyak cara untuk menikmati masa pensiun. Untuk itu, Anda harus mendiskusikan terlebih dahulu ingin memilih dan menikmati jenis pensiun yang bagaimana. Apakah ingin berkeliling dunia, tetap menjadi pensiun yang produktif dengan membuka usaha atau hanya berdiam diri di rumah dan menghabiskan waktu bersama pasangan dan anak cucu.

Jika ingin menikmati masa pensiun dengan berjalan-jalan keliling dunia ataupun keliling Indonesia, tentu menyiapkan dana liburan sedini mungkin dengan menghemat pengeluaran selama masih bekerja, membuka tabungan khusus liburan masa depan dan sebagainya.

Bagi yang ingin tetap produktif, tak ada salahnya juga dengan menggunakan sedikit uang pensiun untuk membuka modal usaha.

Baca Juga: Dana Pensiun: Persiapkan Mulai dari Sekarang!

4. Menyusun Anggaran Baru Saat Memasuki Masa Pensiun

anggaran bulanan

Menyusun anggaran baru saat memasuki masa pensiun

Anggaran belanja merupakan hal penting dalam setiap keluarga. Anggaran ini digunakan untuk mengetahui dari manakah sumber penghasilan serta berapa banyak biaya yang diperlukan tiap bulan.

Memasuki masa pensiun sumber penghasilan tentu tidaklah sama seperti saat masih aktif bekerja. Penghasilan ketika memasuki masa pensiun biasanya berubah. Meskipun ada dana pensiun, jumlahnya pun tidak akan sama dengan penghasilan tetap sebelumnya.

Sementara anggaran yang dibutuhkan saat masa pensiun bisa berubah lebih banyak atau malah berkurang. Untuk itu, penting menyusun kembali anggaran dana yang baru bersama pasangan, mulai dari biaya-biaya atau tagihan rutin tiap bulannya, makanan sehari-hari, dan lainnya

Penyusunan anggaran ini juga harus dengan teliti. Perhatikan sumber penghasilan yang dimiliki, Jangan sampai melebihi dari jumlah penghasilan yang diterima.

5. Penyediaan Dana Darurat

Keadaan mendesak pasti dialami oleh semua orang. Begitu juga dengang orang-orang yang telah memasuki masa pensiun. Dana darurat harus tercantum pula dalam anggaran baru yang akan digunakan selama masa pensiun.

Dana darurat dapat digunakan sewaktu-waktu jika keadaan sangat mendesak. Tujuan menyiapkan dana darurat adalah agar Anda dan pasangan tidak berhutang di masa pensiun akibat keperluan yang tiba-tiba dan sangat mendesak.

Baca Juga: Mengenal Dana Pensiun: Manfaat yang Diterima dan Perhitungannya

Masa Pensiun dengan Kondisi Keuangan yang Cukup Mapan

Masa pensiun memanglah cukup dinanti. Biasanya akan banyak keinginan yang akan dicapai setelah memasuki masa pensiun. Misalnya, menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau hanya menikmati waktu bersama keluarga di rumah atau juga tetap berbisnis. Berdasarkan hal-hal itulah, kondisi keuangan sebelum memasuki masa pensiun harus benar-benar disiapkan. Salah satu cara untuk membantu menyiapkan masa pensiun adalah dengan membangun sumber-sumber penghasilan tambahan lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Menabung untuk Masa Pensiun

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA