Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Cara Lindungi Kulit dan Rambut Sebelum dan Setelah Berenang

Jumat 06 Sep 2019 15:00 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Kolam Renang JTA Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kolam Renang JTA Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Foto: dok. JTA
Sebelum dan setelah berenang, lakukan perawatan kulit dan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Secara keseluruhan olahraga ini juga sangat bagus dan kesehatan.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah berenang. Pertama, mandi sebelum dan sesudah berenang.

Ini akan menghilangkan partikel asing dan kotoran yang menempel di tubuh. Ketika sudah mandi sebelum berenang, terkadang orang merasa malas dan mencoba melewatkannya setelah berenang.

Ini adalah kesalahan besar yang harus dihindari. Kolam renang adalah properti bersama yang berarti seseorang tidak tahu jenis kuman yang mungkin menempel pada kulit dan rambutnya.

Klorin pada air kolam renang juga merusak kulit. Jadi jangan lupa untuk melembabkan kulit setelah mandi usai berenang.

Kedua, tetap terhidrasi selama berenang. Orang sering lupa minum air ketika berada di kolam renang.

Mereka juga sering lupa berenang bisa melelahkan. Karenanya, sangat penting untuk mempertahankan level air yang ada di dalam tubuh.

Seperti yang dilansir Indian Express, Jumat (6/9), minum air sebelum dan sesudah sesi berenang akan membuat terhidrasi dan membuat kulit tetap dalam kondisi baik.

Ketiga, menggunakan tabir surya. Tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV1.

Keempat, lindungi rambut. Dianjurkan memakai topi renang sebelum masuk ke kolam renang. Sebab, klorin yang ada di dalam amir akan merusak rambut.

Dianjurkan untuk mengaplikasikan deep conditioner dalam jumlah yang banyak ke rambut sebelum berenang. Jus lemon atau cuka juga dapat digunakan untuk membilas rambut dan membersihkannya dari paparan klorin.

Kelima, lindungi mata dan telinga. Gunakan kacamata renang untuk mencegah mata teriritasi. Sumbat telinga juga dapat dipakai agar air tidak masuk dan menyebabkan infeksi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA