Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Mengenal Saus Cabai yang Berkualitas

Kamis 05 Sep 2019 08:58 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Cabai

Cabai

Foto: Flickr
Tidak semua saus cabai miliki komposisi cabai segar yang cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk saus cabai di pasaran begitu banyak, mulai dari harga yang murah hingga cukup mahal di antara yang lainnya. Meski begitu, harga tidak bisa menjadi patokan untuk mencari yang berkualitas, terus apa yang bisa menjadi patokan?

Baca Juga

Menurut Chef Yuda Bustara, untuk memilih saus cabai yang tepat perlu diperhatikan kadar cabai segar dalam produk tersebut. Semakin tinggi kadarnya, maka biasanya akan menawarkan rasa yang lebih segar dan mirip dengan olahan cabai.

"Jadi coba saja rasakan satu-satu mana rasa cabainya yang lebih pas. Karena memang setiap pedas beda-beda, ada yang lebih manis, lebih encer," ujar Chef Yuda.

Selain dari segi rasa, saus cabai yang meiliki komposisi cabai segar yang cukup tinggi akan terlihat dari tekstur yang dihasilkan. Menurut lulusan Taylor’s College dan Universite Le Mirail School of Hospitality & Tourism, Malaysia, teskur tidak akan bisa menipu.

"Tekstur dan juga rasa, kepekatannya ini dilihat dari kalau makan french fries saja, kan ada yang bisa dicoel ada yang tidak bisa sama sekali saking cairnya," ujar Chef Yuda.

Salah satu yang memiliki kadar cabai segar yang tinggi dalam produk saus cabai adalah Sambal Dua Belibis. Dalam pengolahannya menggunakan 47 persen cabai dan bawang putih asli serta bahan-bahan pilihan yang diproses secara terintegrasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA