Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Jangan Sepelekan, ini 3 Keuntungan Menggunakan Digital Marketing dalam Perusahaan

Ahad 08 Sep 2019 07:07 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Dengan adanya tim digital bisa memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Pemasaran atau marketing selalu menjadi salah satu penentu dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Saat perusahaan memiliki tim marketing yang handal, maka berbagai tantangan di pasar tentu akan bisa diatasi dengan baik dan angka penjualan yang tinggi bisa diraih secara maksimal. 

Pada dasarnya kegiatan marketing ini bisa dilakukan dengan banyak cara, baik itu secara manual dan juga digital. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif dan banyak dilakukan.

Tingginya minat masyarakat untuk mengakses layanan internet menjadi salah satu celah untuk memaksimalkan marketing. Setiap perusahaan tentunya wajib mencoba sistem digital marketing ini dalam memasarkan produk dan jasa yang dijualnya. Hal ini penting, terutama jika perusahaan yang dijalani menyasar kaum milenial yang begitu aktif menggunakan layanan internet sebagai calon komsumen yang potensial. 

Digital marketing merupakan sistem pemasaran yang dilakukan melalui jaringan internet dengan menggunakan berbagai media yang dianggap tepat, seperti: blog, website perusahaan, media sosial, email, youtube, dan yang lainnya. 

Penerapan digital marketing ini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan mengandalkan Search Engine Optimization (SEO) yang memungkinkan calon konsumen menemukan produk atau jasa dari perusahaan Anda dengan lebih mudah melalui mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan menerapkan beberapa keyword yang tepat pada konten yang digunakan, sehingga konten tersebut berada pada urutan teratas di mesin pencari. 

Ini tentunya akan memberikan perusahaan banyak keuntungan yang didapat. Seperti yang dilansir Cermati.com dari berbagai sumber, berikut beberapa keuntungan bila perusahaan menggunakan digital marketing, antara lain:

 

1. Menghemat Budget Pemasaran 

digital marketing
Menghemat budget pemasaran

Meski menggunakan teknologi yang lebih canggih, digital marketing bisa lebih hemat jika dibandingkan dengan sistem pemasaran manual melalui iklan atau bahkan kegiatan promosi langsung kepada calon konsumen. Jika memiliki kemampuan yang baik dalam menulis artikel dan memiliki blog/situs sendiri, maka kemungkinan besar Anda akan mengeluarkan biaya yang sangat minim dalam pemasaran yang satu ini. Mudah saja, Anda atau karyawan yang ahli menulis terlebih dahulu melakukan riset keyword yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual, kemudian barulah membuat konten yang tepat dan benar-benar sesuai dengan produk atau jasa yang dipasarkan, sehingga calon konsumen bisa merespon dengan positif. 

Jika memang di perusahaan belum ada timnya, tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan digital marketing, lengkap dengan harga yang beragam. Hanya saja perlu mencari dan menemukan mereka secara online, lalu memilih salah satu yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas dan Terarah

target
Menjangkau pasar yang lebih luas dan terarah

Pemasaran manual kerap tersendat dan mengalami banyak kendala, salah satunya jangkauannya yang cukup terbatas. Hal seperti ini tidak akan ditemui lagi di dalam digital marketing, sebab perusahaan bisa menjangkau calon konsumen di mana saja dan kapan saja. 

Selain menggunakan SEO, perusahaan juga bisa mengandalkan email marketing untuk mendapatkan angka penjualan yang lebih tinggi. Email marketing memungkinkan perusahaan “menemui” calon konsumen yang paling tepat dan benar-benar sesuai sebagai pengguna produk perusahaan Anda. 

Email marketing dikirimkan secara personal kepada setiap orang yang potensial dan bisa menjadi konsumen produk, baik itu yang berada di dalam negeri dan yang berada di luar negeri. Hal seperti ini juga bisa dilakukan pada sistem pemasaran digital lainnya, sehingga pemasaran yang perusahaan lakukan lebih terarah dan fokus pada calon konsumen yang tepat saja. Hal ini akan berdampak positif pada angka penjualan produk yang dijual perusahaan. 

Baca Juga: Pahami Strategi Pemasaran agar Bisnis Berjalan Maksimal, Simak Ulasannya!

3. Menghemat Waktu dan Tenaga

jam
Menghemat waktu dan tenaga

Mengurus pemasaran bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda berniat untuk menjangkau pasar yang sangat luas. Namun berbeda halnya ketika perusahaan menggunakan digital marketing, maka Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Sistem ini menggunakan keahlian pemasaran yang mengandalkan kreativitas, sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak tenaga untuk menjalankannya. 

Selain itu, digital marketing juga bisa dilakukan sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga bisa menghemat banyak waktu. Kondisi seperti ini tentu sulit untuk didapatkan ketika melakukan pemasaran dengan sistem manual. Intinya, dengan digital marketing penjualan produk perusahaan bisa lebih efisien.

Lakukan dengan Cara Tepat dan Profesional

Digital marketing menjadi salah satu langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk yang perusahaan jual belikan. Agar perusahaan bisa mendapatkan target konsumen yang tepat maka terapkan cara yang tepat dan profesional pada tim digital marketing perusahaan Anda. 

Selain itu, tim digital marketing juga perlu melakukan survei untuk mengetahui situasi dan apa yang sedang dibutuhkan masyarakat, sehingga dari situ tim digital marketing bisa mengeluarkan ide yang kreatif dan inovatif untuk menggaet konsumen.

Baca Juga: Bisnis Online Sukses karena Content Marketing, Ini Alasannya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA