Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Muslim Life Fest Resmi Dibuka di Jakarta

Jumat 30 Aug 2019 16:37 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nora Azizah

Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Convention Center (JCC) (30/8). Pameran ini akan berlangsung dari 30 Agustus hingga 1 September 2019.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Convention Center (JCC) (30/8). Pameran ini akan berlangsung dari 30 Agustus hingga 1 September 2019.

Foto: Dok. panitia Muslim Life Fest
Pameran ini diharapkan bisa menyaingi Malaysia International Halal Showcase (MIHAS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (30/8). Pagelaran akbar ini merupakan perayaan bagi para pelaku industri halal di tanah air sekaligus jadi ajang penguatan ekosistem syariah.

Anies dalam sambutannya sangat mengapresiasi gelaran ini. Menurutnya, sudah seharusnya konsepsi bisnis berbasis syariah dan gaya hidup halal tertanam kuat dan menjadi pondasi yang menggerakkan roda perekonomian bangsa. 

"Jumlah populasi muslim tersebut menciptakan pasar baru produk-produk halal yang ternyata perputaran bisnisnya sangat potensial dalam tiga tahun terakhir," kata dia.

Anies menyoroti, sampai saat ini Indonesia baru memiliki jumlah entrepreneur sebesar 3,1 persen dari total populasi penduduk sebanyak 267 juta jiwa. Jumlah ini terbilang kecil karena rata-rata negara yang maju memiliki wirausaha sebanyak minimal 14 persen dari total populasi penduduk.

Ia berharap kegiatan ini menjadi penyemangat bagi generasi Muslim untuk mulai berbisnis di sektor industri halal. Tidak hanya karena potensinya yang besar, tapi juga peluang untuk berdakwah, menyebarkan tentang bagaimana mengimplementasikan fiqih-fiqih muamallah kontemporer untuk menjawab dinamika kebutuhan masyarakat yang ingin hijrah pada gaya hidup halal.

Muslim Life Fest akan berlangsung selama tiga hari yakni dari 30 Agustus hingga 1 September 2019. Penyelenggara sekaligus Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Rachmat Sutarnas Marpaung menyampaikan booth-booth yang ikut serta merupakan representasi dari gaya hidup halal.

"Kita ingin bisa menyaingi Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) yang juga ajang pameran halal terbesar, isinya bisa sampai ribuan tenant," katanya dalam konferensi pers Muslim Life Fest di JCC, Jumat (30/8).

Ekspo tidak hanya menampilkan produk halal fashion, kosmetik, makanan, media, travel, media, start up, tapi juga sekolah-sekolah Islam. Bagi para orang tua yang ingin mengenal lebih dalam tentang pendidikan Islam yang berorientasi global, PULDAPIA menghadirkan Islamic Education Fair yang menampilkan lebih dari 50 sekolah berbasis Islam.

Selain itu ada serangkaian program seminar dan workshop bisnis, mulai dari pelatihan ekspor, digital marketing, konseling bisnis tentang pengurusan legalitas usaha, HAKI, ISO dan sertifikat halal. Para pengusaha juga dapat mengembangkan usahanya lewat forum bisnis, investor forum dan business matching dengan para pembeli internasional serta kompetisi kewirausahaan.

Muslim Life Fest menargetkan sekitar 50 ribu pengunjung selama tiga hari pelaksanaan. Dengan tiket masuk sebesar Rp 25 ribu di hari Sabtu dan Minggu, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai diskusi bisnis, kajian dan bahkan lomba dari pukul 9.00 hingga 21.00 WIB. Khusus hari Jumat, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk karena gratis.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA