Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Kopi

Ahad 01 Sep 2019 01:21 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Kopi hitam

Kopi hitam

Foto: Republika/Amin Madani
Ampas kopi yang tersisa dari seduhan kopi sebaiknya jangan dibuang.

Ceknricek.com -- Ampas kopi yang tersisa dari seduhan kopi, sebaiknya jangan dibuang. Bubuk ampas kopi ternyata memiliki manfaat lain yang dapat memudahkan kamu dalam hal mengolah makanan sampai membersihkan panci.

Berikut 5 manfaat dari ampas kopi yang mungkin belum kamu ketahui.

Penambah cita rasa daging
Daging terdiri atas serat dan otot yang harus diolah agar tidak keras saat dikunyah. Untuk mengempukkan daging, kita biasanya membutuhkan tiga faktor yaitu garam, enzim, dan asam.

Kopi pun mengandung asam dan enzim yang bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Bonusnya, asam alami pada kopi justru mengangkat cita rasa daging itu sendiri.

Cukup balurkan bubuk kopi pada permukaan daging yang akan dimasak dua jam sebelumnya. Alternatif lain adalah menggunakan sisa cairan kopi yang dipanaskan kembali, untuk merendam daging selama 24 jam sebelum memasak. Daging ditaruh di kulkas sebagai tempat penyimpanannya.

Baca Juga: 6 manfaat kopi bagi Kecantikan Kulit

Pembersih panci dan wajan
Anda tidak perlu lagi putus asa melihat kerak hitam pada panci dan wajan. Biarkan bubuk kopi yang membersihkannya agar terlihat bersih dan nyaris seperti baru.

Taburkan bubuk kopi pada bagian belakang panci atau wajan yang mulai menghitam, lalu gosok seperti biasa menggunakan spons atau sikat gigi. Jangan lupa membilasnya hingga bersih di bawah air mengalir. Noda pada permukaan cangkir hingga makanan yang gosong di permukaan loyang kue, juga bisa diatasi oleh bubuk kopi.


Pengusir bau tidak sedap
Biji kopi dan bubuk kopi mengandung nitrogen yang dapat menyamarkan berbagai macam bau. Secara perlahan dia menyerap dan menghilangkan bau mengganggu di sekeliling kamu.

Tinggal letakkan biji kopi atau bubuk kopi dalam mangkuk kecil di tempat-tempat yang membutuhkan bantuan, misalnya di dalam kulkas, dalam microwave, atau dekat tempat sampah dapur. Bisa juga menggunakan kaus kaki atau stocking bekas untuk membungkusnya dan digantungkan sebagai pengharum ruangan alami.


Pupuk alami
Terkadang tanah saja tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, dibutuhkan pupuk sebagai penyubur agar benih tanaman memiliki bekal untuk bertumbuh.

Bubuk kopi ternyata bisa menjadi pupuk alami bagi tanaman karena kaya mineral, seperti kalsium, potasium, zat besi, fosfor, magnesium, serta krom. Bubuk kopi juga dapat menyerap unsur metal pada tanah yang akan mengontaminasi benih untuk bertumbuh. Lebih jauh lagi, bubuk kopi menarik perhatian cacing untuk menggemburkan tanah apabila disebar di sekeliling tanaman.


Pengusir serangga dan siput
Terganggu oleh semut yang sering muncul ketika makanan sudah terhidang di atas meja? Kamu bisa letakkan semangkuk kecil bubuk kopi di atas meja atau taburkan bubuk kopi di kaki-kaki meja untuk menjauhkan semut dari makanan.

Manfaatkan juga kandungan kafein pada kopi yang ampuh mengusir serangga dan hama. Cocok ditaburkan di sekitar halaman guna menghalau nyamuk, lalat, hingga kucing yang senang menggali tanah setelah membuang kotoran. Sisa minuman kopi juga bisa disemprotkan langsung pada tanaman kesayangan sebagai perlindungan terhadap siput yang senang merambatinya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA