Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Perempuan Bisa Lebih Sehat dengan Memelihara Kucing

Rabu 28 Agu 2019 05:14 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nur Aini

Pengemong kucing. Ilustrasi

Pengemong kucing. Ilustrasi

Foto: People
Memelihara kucing disebut dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menurut ahli kesehatan, sudah saatnya menghilangkan stereotipe buruk untuk perempuan yang menyukai kucing. Penelitian ilmiah menunjukkan hidup bersama dengan kucing dapat membuat perempuan lebih sehat.

Baca Juga

Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology menyebutkan, para ilmuwan menemukan pemilik kucing akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Hal yang paling signifikan, para peneliti mengamati penurunan risiko kematian akibat serangan jantung dan semua penyakit kardiovaskular (termasuk stroke) di antara orang-orang dengan kucing. Bahkan, memelihara kucing dapat menjadi strategi baru untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada individu yang berisiko tinggi.  

Kemudian, pelukan bersama kucing juga dapat meredakan kecemasan. Seperti dijelaskan Melanie Greenberg, psikolog klinis berlisensi dan penulis The Stress-Proof Brain, tindakan mengelus kucing bisa membuat tenang dan nyaman.

"Pelepasan hormon oksitosin saat pelukan dengan kucing dapat mengurangi stres dan pikiran negatif," kata dia dikutip dari Instyle.com.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA