Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Tips Memperbaiki Mesin Cuci yang tidak Bisa Mengeluarkan Air

Selasa 27 Aug 2019 08:50 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: economictimes.indiatimes.com

Foto: economictimes.indiatimes.com

Beberapa tip memperbaiki mesin cuci ini bisa dicoba.

Saat menggunakan mesin cuci mungkin Anda pernah mengalami hambatan air yang tidak mengalir dari sumbernya atau tidak mau terkuras dari mesin. Jangan cepat berpikir untuk menggantinya dengan yang baru. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Periksa Komponen

Mesin cuci memiliki beberapa komponen yang secara langsung bertanggung jawab terhadap masalah ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba untuk menutup pintu mesin cuci, baik itu "front load" maupun "top load".

Pada beberapa kasus, mesin cuci tidak mau beroperasi ketika pintu terbuka. Nyalakan air secara perlahan-lahan dan amati. Jika air masih tidak mau mengalir, yang harus Anda lakukan adalah:

- Cobalah untuk membuka keran air dengan penuh secara perlahan-lahan untuk mengecek debit air. Keran air yang dibuka setengah tentu saja akan menghambat masuknya air ke dalam tabung. Periksa pula apakah ada kemungkinan air mati dari pusat. 

- Geser mesin cuci sampai kamu bisa mengamati bagian belakang mesin. Cek bagian selang inlet. Selang inlet yang tertekuk bisa menghambat proses masuknya air ke tabung. Pastikan juga bahwa selang tidak terjepit antara mesin dan dinding.

Baca Juga: Tips Memilih Power Bank yang Bagus

- Periksa filter selang inlet. Anda bisa menemukan benda ini di bagian belakang mesin. Lepas selang berikut filternya dengan hati-hati. Rendam filter inlet ke dalam mangkuk berisi air dan bersihkan secara menyeluruh. Selanjutnya, pasang kembali filter dan selang inlet ke posisi semula.

- Cobalah untuk menyalakan air. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, seharusnya air sudah bisa mengalir dengan lancar tanpa tersumbat.

Periksa Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan air yang macet adalah masalah kedua yang sering ditemui. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, di antaranya tersumbatnya saringan kotoran di dalam tabung mesin.

Pertanyaannya adalah apakah Anda  pernah membersihkan filter tabung? Hati-hati! Jika dibiarkan, filter akan rusak dan proses pencucian akan terganggu. Benda ini dapat ditemui di dalam tabung. Biasanya, filter ini akan langsung terlihat ketika tabung dibuka. Solusinya adalah dengan melepas filter dan membersihkannya secara menyeluruh. Jangan lupa untuk mengambil kotoran-kotoran yang mungkin tertinggal di dinding dalamnya.

Ada pula masalah tersumbat karena terdapat koin pada saluran pembuangan atau roda pemutar mesin. Solusinya adalah dengan mengamati tabung secara keseluruhan dan mengecek apakah ada koin ataupun benda tipis lainnya yang terselip. Jika mesin masih tidak mau bekerja dengan semestinya, buka roda pemutar mesin. Bersihkan bagian tersebut dengan menyeluruh.

Hal berikut biasanya klep atau per penutup saluran air sudah usang dan harus diganti agar tidak berkurang elastisitasnya. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kinerja mesin cuci. Untuk urusan yang satu ini, lebih baik serahkan saja kepada jasa servis mesin cuci. Tidak memakan waktu lama, mesin cuci sudah bisa digunakan kembali.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA