Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Alasan Penumpang Pesawat Harus Tetap Pakai Sepatunya

Senin 26 Aug 2019 11:42 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Pesawat siap lepas landas.

Pesawat siap lepas landas.

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Kabin pesawat bukan tempat yang benar-benar higienis bagi penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Berada dalam penerbangan panjang mungkin saja membuat penumpang tergoda untuk melepas sepatu dan bersantai. Namun ketahuilah, pilihan terbaik adalah penumpang harus tetap memakai sepatunya.

Penumpang akan tetap terjaga kebersihannya, terlebih lagi ketika pergi ke kamar mandi pesawat. Kamar mandi pesawat mungkin tampak seperti bersih, tetapi sebenarnya tidak.

Seperti dilansir dari Reader's Digest, Senin (26/8), di sela-sela penerbangan, kamar mandi hanya diberi semprotan desinfektan, kemudian dilap. Lalu diisi ulang kertas toiletnya.

Administrasi Federal Penerbangan tidak mengatur pembersihan pesawat atau melakukan inspeksi. Sehingga kebersihan pesawat ada di tangan maskapai.

Karena kamar mandi sangat kecil, bakteri mudah menyebar. Kemungkinan besar cairan yang dilihat penumpang di lantai kamar mandi bukanlah air.  

Jadi, mereka harus benar-benar mengenakan sepatu. Penumpang juga disarankan menghindari menyentuh pegangan flush, kursi toilet, dan kait pintu tanpa melindungi tangan dengan tisu.

Selain itu, kamar mandi bukan satu-satunya alasan penumpang harus memakai sepatunya dalam penerbangan. Ketika penumpang sakit di pesawat, karpet hanya dibersihkan di bagian tempat itu saja.

Petugas kebersihan akan menangani tempat-tempat kotor itu. Namun, mereka tidak akan membersihkan seluruh area, padahal kuman bisa menyebar ke mana saja.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA