Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Kumpulan Contoh CV Kreatif Ini Bisa Dijadikan Panduan Melamar Kerja

Senin 26 Aug 2019 07:39 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Ini kumpulan contoh CV kreatif yang telah disesuaikan dengan posisi-posisi yang ada.

Industri bisnis kreatif dari dulu sudah memiliki standar CV sendiri untuk para calon karyawannya yang ingin melamar. Posisi-posisi tertentu seperti desain grafis, Editor majalah, video editor, ilustrator dan sekarang yang sedang banyak di gandrungi, digital marketing dan sosial media oleh perusahaan jasa kreatif seperti agensi dan biro iklan akan lebih melirik CV dengan template yang kreatif.

CV adalah senjata utama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dalam membentuk kesan pertama yang baik dan mudah diingat. Jadi untuk urusan melamar ke industri kreatif, artinya semakin kreatif isi Cvnya maka akan semakin menarik perhatian HR untuk menyeleksi kamu ke proses berikutnya.

Jadi untuk kamu yang ingin mencoba bekerja di industri kreatif, terutama para fresh graduate. Ini dia kumpulan contoh CV kreatif yang telah disesuaikan dengan posisi-posisi yang ada bidang kreatif yang bisa kamu jadikan panduan versi cermati.com:

 

Desain Grafis

Contoh:

CV Desain Grafis

CV Desain Grafis

Editor Majalah

 CV Editor Majalah

CV Ilustrator

 

Ilustrator

 

CV Kreatif untuk posisi Ilustrator

CV Kreatif untuk posisi Ilustrator via piktochart.com

CV Ilustrator
CV Kreatif untuk Ilustrator via starengineering.info

Sosial Media Marketing

CV Social Media

CV Social Media

Web Designer

CV Web Designer

CV Web Designer 

Baca Juga: Tips Jitu Memoles CV dan Resume Agar Terlihat Lebih Menjual

 

Tips Menulis Informasi pada CV Kreatif agar Semakin Dilirik

Lengkap dan rapih adalah senjata utama untuk setiap jenis CV, baik itu formal dan kreatif. Nah, untuk soal CV kreatif bukan berarti tidak bisa menulis datar pribadi dan pengalaman pada CV dengan rapih dong? Selain kerapihan ada beberapa aspek penting lain yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

1. Pemilihan Jenis dan Ukuran Font yang Pas

Pada CV kreatif, pemilihan jenis dan ukuran font memang tidak memiliki standar dan persyaratan tertentu, kamu bebas memilih warna, jenis dan ukuran apapun untuk font asalkan masih enak di baca oleh orang lain, tetap terlihat rapih dan tidak asal-asalan. Yang terpenting data pribadi yang penting atau yang ingin ditonjolkan jangan lupa untuk di Bold agar lansung di lihat.

2. Mencantumkan Daftar Riwayat Kerja sesuai Urutan Waktunya yang Tepat

Tulislah pengalaman kerja dengan urutan waktu yang rapih dan tepat. Urutkan dari pengalaman kerja yang paling awal atau yang paling terakhir. Tulis informasi riwayat bekerja secara lengkap mulai dari posisi, deskjob, nama perusahaan, lokasi perusahaan dan tahun dan tanggal awal memulai kerja dan berakhir bekerja.

Agar lebih menarik pihak HRD kamu tuliskan setiap pencapaian atau prestasi yang berhasil kamu lakukan selama bekerja di perusahaan tersebut di masing-masing riwayat kerja sebagai note tambahan.

3. Menulis Urutan Riwayat Pendidikan secara Tepat

Penting untuk yang belum tahu! Cara yang benar dalam menulis urutan riwayat pendidikan di daftar riwayat hidup adalah dimulai dari pendidikan kamu yang paling akhir yaitu Universitas, SMA, SMP, baru SD. Jangan lupa untuk mencantumkan jurusan dan fakultas apa yang kamu pilih di universitas, untuk yang lulusan SMK/SMA juga demikian untuk tetap mencantumkan jurusan apa yang dipilih dan tanggal serta tahun kelulusan.

4. Mecantumkan Keahlian atau Kualifikasi Khusus Selengkap-lengkapnya

Kamu memiliki skill lain walaupun yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu lamar atau tidak ada hubungannya dengan studi/jurusan yang dipilih ketika kuliah? Tidak apa-apa, pokoknya dicantumkan saja.

5. Cek Ejaan dan Penggunaan Format Penulisan yang Benar

Yang paling terakhir tapi merupakan langkah yang paling penting adalah jangan sampai lupa untuk mengecek kembali secara keseluruhan CV yang telah dibuat. Perbaiki jika menemukan typo dan ejaan yang salah.

Cek KKBI untuk memastikan penggunaan kata bahasa Indonesia yang membuat kamu sedikit ragu. Gunakan italic untuk penggunaan kata asing dan cek juga apakah ejaan terhadap penggunaan kata asing ada yang typo atau tidak.

Baca Juga: Tertarik Berkarir di Bidang Marketing? Cantumkan 6 Poin Ini Pada CV Kerja

Buat CV Lebih Menarik Biar Dilirik dengan Bantuan Beberapa Website Ini

Baik itu CV formal atau kreatif tentu agar menarik haruslah dibuat sebaik mungkin, terutama membuat CV yang tergolong CV kreatif terkadang bisa memakan waktu yang lama karena kendala desain, wording, urutan dan susunannya. Untuk mempermudah para pencari kerja untuk membuat CV yang menarik dan rapih juga enak dilihat ada beberapa website yang cocok untuk kamu kunjungi dan menyediakan beberapa template CV menarik baik gratis ataupun berbayar.

Berikut 7 website yang membantu menyediakan template menarik untuk membuat CV yang menarik dan membuat HRD kepincut:

  • VisualCV
  • io
  • ConnectCV
  • Kinzaa
  • CV Maker
  • KickResume
  • ResumUP

Isilah informasi dengan jujur, karena kebenaran informasi akan dipertanggungjawabkan ketika kamu masih tahap interview atau tahap test lainnya. Buatlah CV yang sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan, ingat kepribadian, skill dan potensi juga dapat dilihat dari cara membuat CV. Jadi pastikan buat yang sesuai mungkin dengan kebutuhan kamu dan perusahaan biar semakin dilirik oleh bagian HRD.

Baca Juga: Ingin Bekerja di Luar Negeri, Perhatikan Persiapan Dasar Penting ini!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA