Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Masih Simpan Daging Kurban? Dimasak Makanan Ini Saja

Senin 26 Aug 2019 00:31 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: unileverfoodsolutions.co.id

Foto: unileverfoodsolutions.co.id

Seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Adha, Minggu (11/8) sebagai puncak ibadah haji. Tradisi Idul Adha diawali dengan salat Ied kemudian penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kambing, domba, bahkan kerbau. 

Perayaan Idul Adha sudah selesai, tetapi banyak warga yang berkurban masih memiliki simpanan dagung kurban. Daging mentah dari hasil hewan kurban bisa Anda olah di rumah. Buat Anda yang bingung mau memasak apa, simak di bawah ini lima sajian makanan khas saat Idul Adha. 

Sop buntut

Daging buntut sapi bisa diolah menjadi hidangan berkuah seperti sop buntut. Sajikan dengan daging yang empuk dalam kuah kaldu sapi ditemani irisan kentang, wortel, tomat, seledri, daun bawang, serta taburan bawang goreng akan terasa lengkap untuk disantap. 

Baca Juga: Mengintip Menu Zonasi Jemaah Haji, dari Ayam Rica-Rica Hingga Bubur Kacang

Gulai 

Gulai merupakan sajian masakan dengan bahan utama daging. Rasanya yang gurih dengan menggunakan santan cair dan bumbu rempah-rempah, kuah tidak terlalu kental ditambah rasa kaldu dari daging mampu menggunggah selera makan.

Rendang

Rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Rendang terbuat dari olahan daging sapi maupun kambing. Bila Anda ingin memasak rendang dengan menggunakan daging kambing pastikan diolah dengan baik agar tidak terasa alot dan meninggalkan bau amis. 

Tengkleng 

Tengkleng seperti gulai kambing yang diolah dengan kuah yang tidak kental. Makanan khas Solo ini merupakan perpaduan daging, jeroan, dan tulang dengan menggunakan bumbu khusus. Aroma rempahnya mampu membuat Anda ingin mencicipi tengkleng. 

Sate

Sate makanan dari daging yang diolah dengan sangat mudah di rumah. Sate dibakar hingga matang dengan tambahan saus sate yang menggunakan bumbu kacang dan kecap manis. Pastikan Anda membakar daging hingga matang, karena bila tidak matang daging sapi atau kambing dapat beresiko terkena penyakit Toxoplasmosis.

 

BACA JUGA: Cek PARENTING & KIDS, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA