Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Trik Jaga Kesehatan Kulit yang Sering Dirias

Ahad 25 Agu 2019 06:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Wanita sedang berdandan di bagian mata.

Wanita sedang berdandan di bagian mata.

Foto: AFP
Gunakan produk perawatan kulit dulu sebelum mengaplikasikan riasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riasan wajah dan perempuan merupakan 'sahabat' yang tampaknya sulit untuk terpisahkan. Selain menunjang penampilan, riasan seringkali menjadi media bagi perempuan untuk mengekspresikan diri.

Akan tetapi, riasan juga bisa menjadi pedang bermata dua yang dapat memunculkan masalah kesehatan kulit wajah. Bila tidak dibersihkan dengan menyeluruh, sisa-sisa riasan dapat membuat wajah iritasi hingga berjerawat.

Influencer kecantikan Janine Intansari mengungkapkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan perempuan untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajah meski menggunakan riasan setiap hari. Salah satunya adalah menggunakan produk perawatan kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan beragam produk riasan wajah.

"Jangan sampai riasan itu menyentuh kulit langsung, harus ada sedikit lapisan perawatan kulit (yang membatasi kulit dari riasan)," terang Janine saat ditemui dalam peluncuran minyak pembersih wajah dan produk perawatan wajah lain dari DHC, di Jakarta.

Tiap perempuan bisa memilih produk perawatan wajah yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajah masing-masing. Yang terpenting adalah produk perawatan wajah ini digunakan dalam urutan yang tepat.

Janine mengatakan penggunaan sebagian besar produk perawatan wajah bisa diurutkan berdasarkan konsentrasinya. Produk perawatan wajah berbahan air dan ringan perlu diaplikasikan terlebih dahulu. Setelahnya, baru dilanjutkan dengan produk perawatan wajah yang lebih 'tebal'. Produk perawatan wajah dalam bentuk krim digunakan pada urutan paling akhir.

"Jadi yang paling ringan dulu, yang air dulu, yang cair cair dulu, lama-lama yang paling berat. Jadi itu caranya, mungkin itu yang mudah diingat," tutur Janine.

Janine mengungkapkan penggunaan produk perawatan wajah bisa dimulai bahkan sejak usia remaja. Salah satu contoh produk perawatan wajah yang bisa digunakan sejak usia remaja adalah tabir surya.

"Mulailah rajin-rajin pakai SPF, itu paling penting. Sunblock, Sunscreen, itu paling penting," kata Janine.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA