Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Ada Gangguan Listrik, Hubungi Saja PLN 123

Ahad 25 Aug 2019 08:57 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Jika listrik rumah, toko, kantor bermasalah, Anda tak perlu panik. Manfaatkan layanan pengaduan masalah listrik di PLN 123, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) bertugas menyediakan dan menyalurkan listrik di seluruh wilayah Indonesia. Dalam mengemban tugas tersebut, PLN harus berusaha ekstra keras agar kepuasan pelanggan senantiasa terjaga, salah satu cara yang dilakukan oleh PLN dalam upaya menjaga kualitas pelayanan adalah dengan mengeluarkan nomor call center yang dikenal dengan PLN 123. Dengan adanya PLN 123, pelanggan dapat melakukan pengaduan atau mendapatkan informasi mengenai layanan PLN yang terbaru.

Memiliki fungsi penting dalam menjaga kualitas pelayanan, PLN 123 adalah layanan PLN yang wajib dipahami oleh setiap masyarakat Indonesia. Untuk itu, agar Anda lebih mengerti tentang apa itu PLN 123, simak penjelasannya berikut ini.

1. Apa Itu Layanan PLN 123?

pln 123
Layanan PLN 123 via pln.co.id

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PLN 123 adalah sebuah layanan dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya layanan PLN 123 ini, pelanggan diharapkan dapat mengadukan segala hal yang berkaitan dengan pelayanan PLN. Layanan PLN 123 juga terus aktif selama 24 jam sehari.

Melalui layanan PLN 123, masyarakat juga dapat mengajukan permintaan pemasangan listrik sambungan baru, mengganti daya listrik, pemasangan layanan listrik sementara, dan juga melaporkan masalah atau gangguan yang dialami pelanggan. PLN 123 juga dapat memberikan informasi perihal tagihan listrik dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pelanggan PLN tidak perlu mengunjungi kantor resmi PLN dalam melakukan pengaduan gangguan ataupun permintaan pemasangan jalur listrik baru.

2. Cara Menghubungi Layanan PLN 123

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, PLN telah meluncurkan layanan PLN 123 di berbagai platform. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN 123 24 jam tersebut.

Jika ingin menghubungi layanan PLN 123, Anda dapat menggunakan saluran telepon taupun Handphone. Untuk pengguna telepon, bisa juga melalui layanan PLN 123 dengan nomor 123. Sementara untuk pengguna telepon genggam, hanya perlu menambahkan kode area tempat dimana Anda tinggal. Sebagai contoh, jika  tinggal di Jakarta, gunakan format nomor (021) 123. Akan tetapi, menghubungi layanan PLN 123 melalui telepon akan dikenakan biaya pulsa. Untuk itu, pastikan memiliki pulsa yang cukup.

Selain melalui telepon, layanan PLN 123 juga dapat dihubungi melalui beberapa jejaring sosial media populer, seperti, Twitter dan Facebook secara gratis. Bagi pengguna Twitter, dapat menghubungi layanan PLN 123 melalui akun @pln_123, untuk sosial media Facebook, layanan PLN 123 memiliki nama PLN 123. Jadi, Anda dapat dengan mudah mencari layanan PLN 123 di sosial media Twitter dan Facebook. Sementara melalui email atau surat elektronik, kirim ke alamat pln123@pln.co.id

Selain platform pelayanan PLN 123 diatas, PLN juga telah meluncurkan sebuah aplikasi smartphone dengan nama PLN MOBILE. Tentunya, layanan PLN MOBILE ini cukup memudahkan pelanggan yang memiliki ponsel pintarAplikasi PLN MOBILE dapat dengan mudah diunduh secara gratis di App Store ataupun Play Store di smartphone Anda.

Melalui aplikasi PLN MOBILE, pengguna bisa mendapatkan ragam fitur menarik mengenai layanan PLN, di antaranya tagihan serta riwayat pembelian dan pengisian token listrik pra bayar, bisa mengajukan permohonan pemasangan listrik baru, pengubahan daya listrik, dan juga penyambungan listrik sementara, melihat informasi mengenai tarif listrik dan juga berita terbaru mengenai PLN dan sebagainya.

Selain itu, pengaduan laporan gangguan PLN juga dapat Anda lakukan melalui situs dan surel resmi PLN. Dengan begitu, laporan yang disampaikan kepada PLN dapat langsung diketahui dan ditangani oleh layanan PLN 123.

Baca Juga: Meteran Listrik Prabayar di Rumah Mati Total? Cari Tahu Penyebabnya di Sini

3. Jenis Gangguan Listrik yang Bisa Dilaporkan Melalui PLN 123

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PLN (@pln_id) on

Layanan PLN 123 tentu akan menerima segala jenis gangguan listrik yang dilaporkan oleh pelanggannya. Beberapa jenis gangguan tersebut bahkan bisa sangat mengganggu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, terlebih jika masalah kelistrikan terjadi pada malam hari.

Jenis gangguan listrik yang mungkin seringkali terjadi adalah power failure. Jenis gangguan listrik inilah yang kerap disebut dengan istilah mati lampu. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau pusat. 

Gangguan listrik jenis selanjutnya adalah power surge. Power surge terjadi saat voltase listrik secara tiba-tiba meningkat 2 kali lipat. Salah satu penyebab utama dari gangguan listrik ini adalah sambaran petir dan semacamnya.

Jenis gangguan listrik yang ke-3 adalah power SAG. Jika power surge terjadi saat voltase listrik mendadak tinggi, power SAG terjadi saat voltase turun hingga sebanyak 80%. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah penggunaan listrik yang melebihi daya yang terpasang di rumah ataupun kantor.

Over voltage dan under voltage adalah gangguan listrik yang jarang sekali disadari oleh pengguna layanan PLN. Karena tidak menyebabkan gangguan listrik seperti mati lampu, gangguan listrik ini seringkali baru diketahui setelah berlangsung selama beberapa waktu. Jika terlalu lama dibiarkan, gangguan listrik jenis ini dapat membuat peralatan elektronik cepat rusak.

Gangguan listrik juga dapat terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Gangguan listrik karena adanya gelombang listrik ini biasa disebut dengan electrical line noise. Penyebabnya bisa jadi karena adanya sambaran petir, frekuensi radio, hingga pemasangan listrik yang kurang tepat.

Jenis gangguan listrik yang terakhir adalah switching transient. Switching transient terjadi saat voltase mengalami penurunan dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya, gangguan listrik jenis ini hanya terjadi dalam beberapa nano detik saja dan tidak terlalu mengganggu aktivitas pengguna.

Dengan banyaknya gangguan listrik yang mungkin terjadi, Anda dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN 123 untuk menyampaikan masalah tersebut. Jadi, tidak perlu risau dengan gangguan listrik yang tengah terjadi.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Mengadukan Masalah Listrik Semakin Mudah

Sebagai penyedia layanan listrik di seluruh wilayah Indonesia, PLN berusaha untuk memberikan pelayanan yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kemudahan dalam akses layanan PLN 123 yang mempermudah masyarakat untuk melakukan pengaduan gangguan atau permintaan pemasangan listrik. Oleh karena itu, jika Anda memerlukan bantuan dari PLN, Anda dapat langsung menghubungi layanan PLN 123 melalui ragam platform yang telah disediakan.

Baca Juga: Tips Menghemat Belanja Listrik

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA