Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Pangsa Pasar Baru Gaya Tactical di Indonesia 

Kamis 22 Aug 2019 00:04 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Tactical gear menjadi outfit favorit militer dan sipil.

Tactical gear menjadi outfit favorit militer dan sipil.

Foto: Dok. Ist
Gaya berpakaian militer disukai oleh berbagai pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaya busana tactical semula identik dengan segala hal berbau militer. Normalnya, gaya busana tersebut merupakan style mutlak yang merepresentasikan personel TNI maupun para anggota Polri. Akan tetapi, kini masyarakat sipil ikut mengaplikasikan gaya tersebut. Sejumlah contohnya yaitu topi camo, tas camo, kemeja dengan banyak kantong, celana warna gurun dengan saku resleting di kanan-kiri, juga tas punggung bergaya khas.

Indo Tactical Gear yang menyediakan berbagai perlengkapan tactical menganggap hal itu sebagai pasar baru dan peluang yang menjanjikan. Kian banyak penggiat hobi maupun warga awam yang tertarik pada produk tersebut.

"Tactical sebagai lifestyle bukanlah sebuah obsesi, namun sebuah pilihan gaya, bahkan way of life. Mode tactical adalah gaya untuk siapa saja, baik pria dan wanita," kata pemilik Indo Tactical Gear, Vivi Wahyuni lewat pernyataan resminya, Rabu (21/8).

Dia mengatakan, tren mode busana tactical muncul sejak beberapa tahun belakangan. Salah satu pemicunya adalah film yang memengaruhi gaya berpakaian, seperti Tears of the Sun, Blackhawk  Down, dan Lone Survivor.

Sejumlah adegan mempertontokan barang-barang logistik dalam operasi militer dengan merek tertentu yang cukup membikin penasaran. Dari sanalah dimulainya ketertarikan masyarakat Indonesia dengan gaya tactical.

Penggiat hobi seperti airsoft, penembak berburu, tembak reaksi, adventure, hingga offroad pun membutuhkan pakaian dan perlengkapan bergaya tactical. Bukan hanya soal penampilan, tetapi juga kenyamanan dan fungsinya.

Pakaian dalam mode busana ini menggunakan bahan khusus seperti cordura dan merino polyester. Ada pula berbagai bahan unggulan lainnya yang didukung dengan teknologi windstopper serta breathable fabric.

Kaum urban di kota besar pun mendapat pengaruh kuat dari influencer. Apapun yang dikenakan figur publik adalah sorotan, mulai dari sepatu, tas, rompi, kaus, atau topi. Indo Tactical Gear menyebutkan peluang pasar itu cukup besar.

Saat ini, Indo Tactical Gear menjadi penyedia resmi beberapa brand tactical terkemuka di dunia. Beberapa di antaranya yaitu UF Pro, Helikon-tex, Pentagon Tactical Sportswear, Vanquest, Ghost, dan Lalo.

"Dengan terciptanya pasar baru, kami berupaya menyediakan barang berkualitas dengan harga bersaing dan menjamin ketersediaan produk terbaik yang diinginkan oleh pelanggan," ujar Vivi lewat pernyataan resminya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA