Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Jalan Cibadak, Surganya Street Foods di Bandung

Kamis 22 Aug 2019 05:31 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Salah satu jajanan yang paling dicari di sini adalah bola obi.

CIBADAK, AYOBANDUNG.COM -- Berkunjung ke Kota Bandung rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi jalan yang satu ini. Ya, Jalan Cibadak. Jalan yang terletak di kawasan kota lama Bandung ini belakangan tengah ramai diperbincangkan di sosial media seperti instagram.

Hal ini diperjelas dengan banyaknya jumlah unggahan di instagram yang menggunakan #cibadak mencapai 35,4 juta unggahan dan #cibadakculinarynight lebih dari 1000 unggahan. 

Bagaimana tidak, sejak tahun 2014 di sepanjang Jalan Cibadak ini diselenggarakan Cibadak Culinary Night (CCN). CCN ini seolah menjadi magnet untuk memikat wisatawan dan Warga Bandungnya sendiri. 

Hadi misalnya. Seorang pengunjung asal Bandung ini merasa senang berburu makanan di sini.

“Enaknya di sini itu pilihannya banyak. Jadi nggak perlu bingung mau makan dan minum apa,” ucapnya.

Jalan Cibadak ini selalu ramai saat hari libur. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh salah seorang tukang parkir di sana, yang enggan menyebut namanya.

“Di sini penuhnya setiap hari libur sih, kalau hari biasa mah lumayan lah, tapi nggak seramai hari libur,” jelasnya.

Berbagai macam makanan dapat kita temui di sini. Makanan ringan sampai makanan berat juga ada di sini. Namun, kali ini yang menjadi sorotan penulis adalah street foods atau jajanan pinggir jalannya.

Di sini kita dapat menemukan bermacam street foods, mulai dari yang manis, sampai yang asin. Ada pula berbagai minuman untuk menemani anda menikmati jajanan yang ada di sini.

Salah satu jajanan yang paling dicari di sini adalah bola obi. Makanan yang terbuat dari campuran ubi dan tepung kanji ini seolah sudah menjadi jajanan yang wajib dibeli jika Anda berkunjung ke Jalan Cibadak ini.

“Pembeli ngga cuma orang Bandung, dari luar kota juga banyak, terutama Jakarta. Udah kaya kewajiban gitu beli bola obi ini karena cuma ada di Bandung,” ucap Yana, penjual Bola Obi Gardujati.

Untuk mencicipi bola obi ini, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk 10 buah bola obi.

Selain itu, ada pula putu pisang. Cukup berbeda dari kue putu biasanya, di dalam putu ini terdapat sepotong pisang yang manis dan dicampur dengan gula merah yang telah dihaluskan. Putu ini lebih nikmat disantap saat masih panas. Satu buah putu pisang ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 3.500.

Makanan manis lainnya yang ada di sini yaitu leker. Kue khas asal Kota Surabaya dan Solo ini juga cukup diminati oleh pengunjung. Setiap harinya kue leker ini bisa terjual 2 wadah adonan.

”Kalau hari biasa paling 2 wadah adonan, kalo hari libur bisa sampai 5 wadah adonan gini lakunya,” jelas Cendanu, penjual Leker Good Time, sambil menunjuk wadah adonannya. 

Bagaimana tidak, hanya dengan Rp 2.500 kita sudah bisa mendapatkan kue leker ini dengan rasa gula merah dan susu cokelat. Jika Anda ingin mencicipi varian lainnya Anda bisa dapatkan dengan harga Rp 3.000 - 11.000.

Jajanan manis lainnya yang ada di Jalan Cibadak ini seperti kue pukis, pisang keju, martabak, dan masih banyak lagi. Untuk Anda pecinta makanan asin jangan khawatir, di sini Anda bisa menemukan beragam pilihan jajanan asin. 

Otak-otak Otaku misalnya. Di sini Anda bisa membeli otak-otak dengan berbagai macam pilihan rasa untuk bumbunya. Seporsi otak-otak ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 18.000. Ada pula Batagor Sanjaya, Siomay Sin Sien Hin, baso goreng, dimsum, seblak, dan masih banyak lagi. 

Untuk menemani Anda menyantap jajanan pinggir jalan ini, di Jalan Cibadak juga terdapat pilihan minuman yang cukup beragam. Mulai dari yang hangat hingga dingin. Anda bisa membeli minuman seperti es jeruk peras, sekoteng, wedang ronde, dan lain lain.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi surganya street foods di Kota Bandung?  Jangan lupa siapkan perut dan kantong Anda ya!

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA