Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Menyusuri Skywalk Teras Cihampelas Bandung

Kamis 22 Aug 2019 03:03 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Terdapat skywalk yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk sekadar nongkrong

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Siapa yang tidak mengenal Jalan Cihampelas? Bagi masyarakat Bandung Jalan Cihampelas tidak asing lagi ditelinga sebagai pusat perbelanjaan terkenal sejak dulu kala.

Di sana, terdapat skywalk yang diperuntukan bagi masyarakat untuk sekadar nongkrong dan menikmati suasana Cihampelas yang asri.

Skywalk Cihampelas sudah ada sejak Februari 2017, bisa diukur dari mulai pertigaan Rumah Sakit Advent sampai Cihampelas Walk sepanjang 450 menter dan berada di atas Jalan Cihampelas.

“Teras Cihampelas ini dibangun sejak 2016, dan diresmikan oleh Pak Ridwan Kamil (Saat masih Wali Kota Bandung) pada 2017,” ujar Ketua Badan Pengelola Teras Cihampelas (BPTC) Agus Nurdin (48) saat ditemui di rumahnya, Sabtu (22/6/2019).

Fasilitas yang ada di teras ini ada toilet, tempat sampah, tempat duduk, jalan untuk para difabel, lift khusus difabel, dan pedagang oleh-oleh khas Bandung.

Pedagang yang ada di Teras Cihampelas ini ada 192 pedagang, terdiri dari 52 pedagang kuliner seperti makanan dan minuman juga ada 140 souvenir seperti baju, gantungan kunci, dan lainnya. 

“Konsep yang digunakan untuk pedagang sendiri itu memindahkan pedagang yang dari bawah ke atas, juga untuk penjualannya sendiri sekarang lebih ingin difokuskan yang khas Teras Cihampelas gitu,” katanya.

Ada perubahan dari Teras Cihampelas ini sendiri, seperti di awal bukanya tidak ada terpal-terpal yang menggantung di atas kios-kios pedagang. Namun sekarang ada terpal di atas kios pedagang, untuk melindungi dagangan mereka ketika cuaca sedang tidak mendukung.

Skywalk Cihampelas ini juga sedang melakukan pembangunan tahap dua yang sudah dimulai sejak tahun 2018, namun hingga sekarang belum selesai. Panjang dari skywalk ini dari tahap satu sepanjang 450 meter dan tahap dua yang sedang di bangun sekitar 200 meter lebih.

“Harapannya semoga pemerintah lebih berperan aktif dalam memberikan ide-ide baru untuk kemajuan teras ini, atau lebih banyak dari pihak lain yang bekerja sama dengan teras ini,” katanya. (Sheila Salsabila)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA