Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Kiat Suami Bantu Istri yang Alami Mual Muntah Saat Hamil

Selasa 20 Agu 2019 13:11 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil

Foto: pixabay
Selama trimester pertama kehamilan, ibu hamil sangat mungkin mual dan muntah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama trimester pertama kehamilan, ibu hamil (bumil) sangat mungkin mengalami morning sickness. Tidak hanya pada pagi hari seperti istilahnya, kondisi mual dan muntah yang kadang disertai pusing itu dapat terjadi sepanjang hari.

Baca Juga

Ibu hamil tentunya sangat membutuhkan dukungan dari orang terdekat, terutama suami. Berikut adalah sejumlah cara membantu mendampingi ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness seperti diulas oleh laman Times Now News.

1. Hindari pemicu

Makanan atau aroma tertentu bisa menjadi pemicu mual dan muntah bagi ibu hamil. Pemicu itu berbeda untuk semua orang. Cara paling tepat adalah menghindarkan atau menjauhkan pemicu tersebut dari sekitar bumil untuk sementara waktu.

2. Selalu siaga

Jangan biarkan istri merasa sendirian selama proses mengandung yang cukup berat. Suami dianjurkan untuk selalu siaga dan siap kapanpun istri membutuhkan. Membelai istri yang sedang mual sambil mengucapkan kalimat penghiburan sangat disarankan.

3. Siapkan camilan

Sangat penting bagi calon ibu untuk makan teratur sepanjang kehamilan. Suami perlu menyiapkan camilan favorit istri dan meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau. Pilih kudapan sehat yang tidak berbahaya bagi jabang bayi. Dijamin istri akan merasa makin dicintai.

4. Bantuan medis

Apabila morning sickness sudah tidak terkendali, ajak pasangan untuk berkonsultasi dengan dokter. Bersikaplah suportif dan hargai apa yang dia sampaikan sebab hanya bumil yang mengalaminya yang tahu apa yang terjadi dalam tubuhnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA