Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Lima Cara Mudah Mulai Hidup Sehat

Selasa 20 Agu 2019 04:20 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Dwi Murdaningsih

Makan Sehat. Praktik makan sehat bisa dilakukan mulai dari usia dini hingga seumur hidup.

Makan Sehat. Praktik makan sehat bisa dilakukan mulai dari usia dini hingga seumur hidup.

Foto: Pixabay
Hidup sehat harus dimulai sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidup sehat memang akan sulit terealisasi jika tidak dimulai sejak dini. Tak perlu melakukan sesuatu yang besar atau menyulitkan, cukup mulai dengan sesuatu yang kecil dan konsisten. Inilah lima cara mudah untuk memulai rencana hidup sehat.

Pertama, buat makan siangmu sendiri. Selain lebih murah, pengontrolan pola makan akan jauh lebih mudah dilakukan jika kita sendiri yang meracik dan menentukan menunya. Anda bisa memadupadankan sayuran dengan menu favorit agar makan siang menjadi lebih seimbang. 

Gillian Killiner, ahli diet dan juru bicara British Dietetic Association menyarankan agar makanan cepat saji atau yang dijual di toko, harus menjadi pilihan terakhir anda ketika akan bersantap siang.

"Makanan itu bisa saja dipenuhi dengan bahan-bahan pro-inflamasi, terutama minyak sayur, dan kombinasi menu yang tidak memberikan energi kerja lama, jadi membuat Anda lapar dan tidak puas," katanya. 

Kedua, usahakan untuk tidak makan di meja anda. Killiner bahkan menyarankan agar makan di luar ruangan atau tempat yang tenang, karena makan di meja kerja akan membagi fokus kita saat makan. Rasa kenyang akan mudah terabaikan, dan berujung pada kenaikan berat badan.

"Makan sambil bekerja membuat reseptor dari usus ke otak tidak bekerja secara optimal dan membuat Anda merasa tidak puas dan meraih lebih banyak tanpa menyadari apa yang sudah Anda konsumsi," kata Killiner. 

"Duduk membungkuk, makan tanpa berpikir tanpa mengunyah dengan baik juga dapat menyebabkan atau memperburuk masalah pencernaan," sambungnya.

Ketiga, maksimalkan latihan. Hollie Grant, seorang pelatih pribadi dan pendiri Pilates PT mengatakan, berolahraga atau bergerak selama sejam pada waktu makan siang, baik dengan berkeliling, sekedar berjalan, atau gerakan sederhana lain, dapat membantu menjaga kebugaran anda.

"Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) adalah “cara tercepat untuk menjadi bugar dalam waktu sesingkat mungkin. Ini kerja keras yang singkat, dan dapat  dengan mudah melakukan latihan HIIT dalam 20 menit," katanya.

"Anda tidak membutuhkan gym, dan hanya perlu mengubah olahraga lari menjadi HIIT dengan bergantian lari sprint 30 detik dengan joging atau berjalan 30 detik. Ingatlah untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, dan makan sesudahnya (bergerak), bukan sebelumnya," kata Grant.

Keempat, rutin minum. Killiner mengatakan, konsisten minum air putih dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu mengontrol keinginan untuk makan. Namun bukan berarti anda diharuskan minum dengan takaran besar. 

"Terlalu banyak cairan saat makan dapat menyebabkan beberapa orang mengalami refluks asam, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan kembung. Cukup minum 500ml sekitar 30 menit sebelum makan siang," kata Killiner.

Terakhir, hindari tidur setelah makan siang. Godaan untuk memejamkan mata setelah makan memang sulit untuk dihindari, namun nyatanya dapat dihindari dengan pilihan menu yang tepat. Killiner mengatakan, rasa kantuk dapat berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, pasta dan kentang.

Maka untuk menyiasatinya, pilihlah makanan bergizi seperti ikan putih dan berminyak dan makanan laut, beras merah, kue gandum, quinoa dan berbagai sayuran berwarna-warni. Lengkapi dengan taburan biji atau kacang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA