Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Kiat Kurangi Rasa Sakit di Kaki Saat Berdiri Lama

Sabtu 17 Aug 2019 09:45 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Antrean panjang/ilustrasi

Antrean panjang/ilustrasi

Foto: longorshortcapital.com
Dalam pandangan medis terlalu lama berdiri juga tidak baik untuk tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berdiri lama, misalnya saat mengantre, bisa membuat kaki pegal dan sakit. Dalam pandangan medis terlalu lama berdiri juga tidak baik untuk tubuh. Ahli penyakit kaki Diane Koshimune menyarankan agar ketika berdiri pastikan posisi kaki dalam keadaan yang benar.

Selama ini, banyak orang yang berdiri dengan menekuk satu lutut sedikit. Menurut Diane, posisi itu memicu lebih banyak ketegangan di bagian dalam kaki yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit di kaki, pergelangan kaki, dan punggung bagian bawah. Berikut kiat agar bisa berdiri dengan nyaman dan mengurangi rasa sakit dilansir Channel News Asia, Sabtu (17/8).

1. Mengambil jeda

Kaitlin Gallagher, asisten profesor di University of Arkansas yang meneliti berdiri dalam waktu lama, menemukan hampir setengah dari pasien sakit punggung disebabkan karena berdiri berlebihan. Sakit punggung karena berdiri biasanya dianggap hal biasa. Padahal itu dapat menyebabkan masalah seiring waktu.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, Gallagher dan timnya menemukan bahwa mengambil istirahat berjalan selama lima menit setiap setengah jam dapat membantu mengurangi rasa sakit punggung yang disebabkan karena berdiri.

"Jika tidak memungkinkan berjalan, gerak-gerakkan kaki Anda. Itu tampaknya menjadi cara yang baik untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan ketika berdiri," kata dia.

2. Pakai sepatu nyaman

Alas kaki tentu menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jika Anda bepergian untuk traveling, pakailah sepatu yang nyaman dan hindari penggunaan sepatu berhak.

3. Jangan terus gunakan handphone

Banyak orang memilih mengeluarkan ponsel untuk membunuh rasa jenuh saat mengantre. Namun hati-hatilah, karena ketika kita mengoperasikan ponsel posisi mata dan leher ke bawah dan itu akan membuat leher bisa pegal.

Dalam jangka lama posisi itu bisa membuat postur tubuh bergeser terutama di bagian tulang punggung. Jadi sebaiknya ketika mengantre jangan terus menerus mengoperasikan handphone.

4. Coba latihan berdiri

Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa latihan berdiri yang disebut One Stretch membantu mencegah atau mengurangi nyeri punggung bawah. Untuk melakukan One Stretch, berdirilah dengan kaki selebar bahu.

Letakkan tangan di punggung bawah dengan jari-jemari mengarah ke bawah. Tarik napas, lalu buang napas ketika meregangkan punggung dengan lembut sambil berusaha untuk tidak menekuk lutut.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA