Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Asal-Usul Pemberian Nama KA Argo Cheribon

Sabtu 17 Agu 2019 06:45 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Christiyaningsih

Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon

Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Nama Argo Cheribon merujuk pada nama Stasiun Cheribon saat pertama kali diresmikan

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kereta api (KA) Argo Cheribon (GoCher) resmi menggantikan tiga nama KA yakni KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres, dan KA Tegal Bahari pada Jumat (16/8). PT KAI Daop 3 Cirebon menyatakan ada nilai sejarah di balik nama tersebut.

"Penggunaan nama Argo Cheribon ini merujuk pada nama Stasiun Cheribon saat pertama kali diresmikan pada 1912," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Kuswardoyo, Jumat (16/8).

Baca Juga

Kuswardoyo menyatakan keberadaan stasiun Cheribon kala itu menjadi awal keberadaan perkeretaapian di Kota Cirebon. Penggunaan nama Stasiun Cheribon pada nama KA Argo Cheribon itu merupakan bukti bahwa KAI sangat peduli untuk mengenalkan sejarah kepada masyarakat.

Tak hanya itu, bangunan stasiun yang kini bernama Stasiun Cirebon itu tetap dirawat, dijaga, dan dipertahankan keasliannya sebagai bangunan warisan sejarah. Hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus melindungi keberadaan warisan sejarah perkeretapiaan yang ada.

Kuswardoyo menambahkan KA Argo Cheribon adalah inovasi pelayanan untuk memudahkan masyarakat berkereta, meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas angkut, serta memberikan  pelayanan yang lebih baik. Tak hanya bagi  warga Cirebon, namun juga Tegal, Indramayu, dan daerah-daerah di sekitarnya.

KA Argo Cheribon itu melayani pengguna jasa untuk relasi Cirebon-Gambir (PP) dan Tegal–Cirebon-Gambir (PP) dalam satu hari sebanyak 16 perjalanan. Dari 16 perjalanan itu, 14 di antaranya merupakan perjalanan reguler dan dua perjalanan fakultatif.

"KA Argo Cheribon memberikan kualitas layanan kelas argo dengan harga terjangkau,’’ tandas Kuswardoyo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA