Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Mobilemoon, Tren Liburan Sendiri Ditemani Ponsel Pintar

Jumat 16 Aug 2019 12:03 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Liburan/ilustrasi

Liburan/ilustrasi

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kali ini tren liburan tampaknya mulai bergeser ke mobilemoon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren liburan selalu berubah dari masa ke masa. Jika kemarin babymoon dan buddymoon sempat meraih popularitas yang tinggi, kali ini tren liburan tampaknya mulai bergeser ke mobilemoon.

Baca Juga

Mobilemoon merupakan istilah untuk kegiatan berlibur seorang diri (solo trip) yang hanya ditemani ponsel pintar. Tren mobilemoon mulai mencuat setelah dipopulerkan oleh perusahaan perjalanan Expedia.

Bulan lalu, Expedia melakukan sebuah survei yang melibatkan para traveler Amerika. Survei tersebut menunjukkan 33 persen dari para pelancong tersebut lebih memilih membawa ponsel pintar mereka saat liburan dibandingkan membawa rekan berlibur. Expedia menyebut fenomena ini sebagai mobilemoon.

Dibandingkan memiliki pendamping atau rekan berlibur, hampir dua per tiga dari traveler mengungkapkan bahwa mereka lebih menyukai kebebasan yang bisa didapatkan dari berlibur seorang diri. Selain kebebasan, berlibur seorang diri juga memungkinkan mereka untuk bertemu dengan orang-orang baru selama berlibur.

Popularitas mobilemoon tampaknya lebih berkembang di kalangan generasi muda. Sekitar 80 persen traveler milenial dan 83 persen generasi Z setuju dengan hasil survei yang dilakukan Expedia tersebut.

Perkembangan tren berlibur sendiri hanya dengan ditemani oleh ponsel pintar ini tampaknya berkaitan dengan motivasi berlibur para traveler muda. Banyak dari traveler muda yang berlibur bukan dengan tujuan untuk terhubung dengan pasangan maupun berbagi pengalaman dengan teman.

"Mereka berlibur sendiri untuk bertemu orang baru dan mengeksplorasi tempat-tempat baru, memutus hubungan dari pekerjaan dan kehidupan, dan meningkatkan kemandirian serta kepercayaan diri mereka," terang Expedia seperti dilansir Travel and Leisure.

Banyak dari traveler yang memanfaatkan berlibur sendirian sebagai momen untuk mengatur ulang kehidupan menjadi lebih baik. Tak sedikit pula yang memanfaatkan momen berlibur sendirian untuk lebih mengenal diri sendiri.

Alasannya, berlibur sendirian akan mendorong mereka untuk keluar dari zona nyaman mereka. Traveler akan didorong untuk bertanya kepada orang asing mengenai arah, memulai percakapan di restoran, hingga merancang perjalanan dan beragam keperluan liburan seorang diri.

Semua pengalaman ini akan semakin terasa mudah dengan bantuan dari ponsel pintar. Keberadaan ponsel pintar akan membuat berlibur seorang diri di daerah ataupun negara asing menjadi tidak begitu menakutkan. Traveler juga tetap bisa dengan mudah terhubung dengan keluarga hingga pasangan selama melakukan mobilemoon.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA