Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Cara Efektif Mencerahkan Kulit Ketiak

Kamis 15 Aug 2019 08:30 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda

Lidah buaya bagus untuk kesehatan kulit

Lidah buaya bagus untuk kesehatan kulit

Foto: Health
Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencerahkan kulit ketiak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang, terutama perempuan, merasa kurang percaya diri jika ada bagian dari kulitnya yang kurang cerah. Salah satunya adalah di bagian ketiak. Tak heran, kini banyak produk dan layanan yang menawarkan cara untuk mencerahkan kulit pada lipatan tubuh tersebut.

Dilansir Refinery 29, salah satu cara untuk menjaga kecerahan pada kulit ketiak adalah dengan berhati-hati saat memilih deodoran. Terlebih, bagi yang memiliki kulit sensitif. Disarankan, selalu menggunakan deodoran yang tidak mengandung alkohol, aluminum, dan pewangi.

Cara berikutnya adalah dengan lebih berhati-hati saat melakukan pencukuran bulu ketiak. Pasalnya, proses pencukuran berpotensi menyebabkan iritasi yang kemudian membuat kukit ketiak terlihat gelap. Jika memiliki anggaran yang cukup, maka disarankan untuk menggunakan laser hair removal.

Jika terbentur anggaran, maka pastikan untuk selalu menggunakan krim cukur untuk mengurangi friksi yang menimbulkan iritasi saat mencukur bulu ketiak. Selain itu, sejumlah buah-buahan dan tanaman pun juga memiliki manfaat dalam mewujudkan kulit ketiak idaman.

Seorang ahli dermatologi, Sheel Desai Solomon, mengatakan, untuk dapat menjaga kondisi kulit ketiak, lemon dan lidah buaya bisa dimanfaatkan. Caranya mudah saja.

"Campurkan satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok makan perasan lidah buaya. Oleskan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit lalu bersihkan,” kata Solomon.

Lemon pada racikan itu akan memberikan manfaat mencerahkan, sedangkan lidah buaya memiliki peran dalam menjaga kelembaban dan sensitivitas kulit ketiak.

Selain itu, Solomon juga menyarankan untuk menggunakan ramuan yang terdiri dari lidah buaya dan mentimun. Ia menjelaskan, mentimun gandung silika yang mampu merangsang pertumbuhan dan pelestarian jaringan ikat pada kulit ketiak.

Di satu sisi, Solomon menilai bahwa kulit ketiak yang gelap sebenarnya merupakan hal yang wajar. Beberapa orang mengalami hal itu karena faktor genetik.

Selain itu, kondisi pada kulit ketiak terkadang juga berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang. Untuk mendapat diagnosis dan perlakuan yang lebih akurat, maka ada baiknya untuk berkonsultasi juga dengan ahli dermatologi terkait kondisi pada kulit ketiak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA