Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Empat Kiat Menata Kamar Agar Mudah Tidur Nyenyak (2)

Rabu 14 Aug 2019 14:47 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Bau minyak esensial di kamar bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Bau minyak esensial di kamar bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Foto: Pixabay
Suasana kamar yang baik adalah salah satu kiat membuat tidur lebih nyenyak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas tidur yang baik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Akan tetapi tidak semua orang dapat tidur nyenyak di malam hari dan bangun dalam keadaan segar keesokan paginya.

Baca Juga

"Kita membutuhkan tidur yang baik untuk membantu merestorasi dan merevitalisasi semua fungsi penting dalam tubuh kita," ungkap dokter ahli tidur dari Piedmont Healthcare, Matthew Schmitt, dilansir CNN.

Salah satu trik untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah suasana kamar yang baik. Meski kerap terabaikan oleh sebagian orang, tata ruang kamar sebenarnya salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat mendekorasi rumah.

"Kamar sering kali menjadi satu tempat yang Anda miliki untuk mendapatkan kedamaian dan privasi di rumah Anda," jelas desainer interior Nishi Donovan. Donovan mengungkapkan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan saat mendekorasi kamar demi kualitas tidur yang lebih baik. Berikut adalah keempat hal tersebut.

3. Warna dinding

Pemilihan warna dinding juga memberi pengaruh cukup signifikan terhadap kualitas tidur. Jika ruang kamar tidak mendapatkan banyak cahaya alami, sebaiknya hindari warna-warna yang terlalu gelap untuk dinding kamar.

Hal ini akan membuat suasana kamar menjadi seperti gua. Apabila kamar tidur memiliki jendela luas dan mendapatkan banyak paparan cahaya alami, maka dinding kamar tidur bisa diberikan warna yang lebih gelap.

4. Suara, bau, dan suasana

Dua jam sebelum tidur merupakan waktu yang ideal untuk mulai beristirahat. Ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai menciptakan suasana malam yang mendukung untuk tidur. Apa yang terdengar, tercium, dan terasa pada waktu-waktu ini akan memainkan peran penting dalam menentukan kualitas tidur.

Pada waktu ideal ini, baiknya suhu kamar mulai diatur agar ideal untuk tidur. Suhu ideal ruang kamar adalah 18-21 derajat Celcius. Suhu kamar yang sejuk akan membantu seseorang untuk tidur lebih mudah dan lebih cepat.

Tak hanya itu, pemilihan kasur juga penting untuk menciptakan suasana yang baik saat tidur. Gunakan kasur dan seprai yang nyaman ketika akan tidur.

Sebagai tambahan, buat kamar tidur memiliki aroma yang dapat merelaksasi. Salah satu caranya adalah dengan menyemprotkan minyak esensial pada seprai di kamar tidur.

Tak kalah penting adalah meluangkan waktu untuk tidur. Schmitt mengatakan banyak orang berpikir bawah tidur adalah membuang-buang waktu. Padahal hal tersebut merupakan anggapan keliru.

Tubuh membutuhkan waktu tidur yang baik untuk bisa menjaga semua fungsi penting di dalam tubuh tetap berjalan dengan baik. "Anda perlu menghabiskan sekitar sepertiga hidup Anda untuk tidur," tutur Schmitt.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA