Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Empat Kiat Menata Kamar Agar Mudah Tidur Nyenyak (1)

Rabu 14 Agu 2019 14:43 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Kamar tidur yang nyaman dan bersih membantu tidur lebih berkualitas.

Kamar tidur yang nyaman dan bersih membantu tidur lebih berkualitas.

Foto: Pexels
Kualitas tidur yang baik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas tidur yang baik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Akan tetapi tidak semua orang dapat tidur nyenyak di malam hari dan bangun dalam keadaan segar keesokan paginya.

"Kita membutuhkan tidur yang baik untuk membantu merestorasi dan merevitalisasi semua fungsi penting dalam tubuh kita," ungkap dokter ahli tidur dari Piedmont Healthcare, Matthew Schmitt, dilansir CNN.

Salah satu trik untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah suasana kamar yang baik. Meski kerap terabaikan oleh sebagian orang, tata ruang kamar sebenarnya salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat mendekorasi rumah.

"Kamar sering kali menjadi satu tempat yang Anda miliki untuk mendapatkan kedamaian dan privasi di rumah Anda," jelas desainer interior Nishi Donovan. Donovan mengungkapkan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan saat mendekorasi kamar demi kualitas tidur yang lebih baik. Berikut adalah keempat hal tersebut.

1. Membereskan barang di kamar

Setiap ruang di dalam rumah memiliki desain yang merefleksikan tujuan spesifik dari ruangan tersebut. Salah satu hal penting penting untuk direfleksikan dari kamar tidur adalah sebagai tempat untuk tidur dan beristirahat.

Tak sedikit orang yang mungkin tidur lebih nyenyak di hotel dibandingkan di ruang kamar sendiri. Alasannya adalah kamar hotel memiliki lebih sedikit distraksi dibandingkan kamar tidur di rumah. "Ketika Anda masuk ke kamar dan ada banyak pekerjaan rumah menanti Anda, itu akan memberikan banyak kecemasan," jelas Donovan.

Karena itu, salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat menata ruang kamar demi meningkatkan kualitas tidur adalah decluttering. Decluttering merupakan metode membereskan rumah atau ruangan dengan cara menyingkirkan barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Donovan mengatakan decluttering akan memberi perasaan lebih lapang saat memasuki ruang kamar.

Studi yang dilakukan St Lawrence University menemukan bahwa tidur di dalam ruang kamar yang berantakan atau penuh sesak dengan barang-barang cenderung lebih mudah mengalami masalah untuk tidur di malam hari. Ruangan seperti ini juga cenderung membuat seseorang sulit untuk istirahat tanpa gangguan.

2. Pencahayaan tepat

Kegelapan merupakan suasana yang penting untuk tidur berkualitas. Buat kamar tidur segelap mungkin jika akan tidur karena cahaya dapat mengganggu jam biologis tubuh.

Kurangi paparan sinar biru dan cahaya alami ketika akan beristirahat. Salah satunya dengan memasang desain jendela kamar tidur yang tepat. "Saya selalu merekomendasikan tirai penghalau cahaya. Ini tak hanya bagus untuk menghalau cahaya dari luar, tetapi juga sangat baik untuk mengontrol jumlah panas yang terperangkap di dalam kamar saat siang," jelas Donovan.

Untuk meminimalisir paparan sinar biru dari gawai sebelum tidur, Donovan juga menyarankan keluar dari kamar ketika akan menggunakan gawai. Dengan begitu, kamar tidur bisa terbebas dari gawai yang mungkin mengganggu kualitas tidur.

Donovan juga menilai televisi sebaiknya tidak diletakkan di dalam kamar. Penggunaan white noise juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang sensitif terhadap suara. White noise merupakan penggabungan suara dari berbagai frekuensi yang dapat meredam suara-suara mengganggu saat tidur.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA