Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Hoaks Cairan Pemutih Sembuhkan Autisme dan Kanker

Rabu 14 Agu 2019 10:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Ilustrasi Sel Kanker

Ilustrasi Sel Kanker

Foto: pixabay
Cairan pemutih miliki efek samping serius bahkan mengancam jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini beredar kabar bahwa cairan natrium klorit dapat menyembuhkan beragam masalah kesehatan, mulai dari autisme, kanker, hingga HIV/AIDS dan flu. Cairan ini dipasarkan sebagai minuman penyembuh 'ajaib' dengan beragam bernama seperti Miracle Mineral Solution (MMS) dan Water Purification Solution (WPS).

Baca Juga

Food and Drug Administration (FDA) menegaskan bahwa informasi tersebut merupakan informasi keliru dan menyesatkan atau hoaks. FDA menegaskan bahwa cairan ini dapat memicu efek samping yang serius dan bahkan berpotensi mengancam jiwa bila diminum.

FDA mengungkapkan bahwa izin penggunaan MMS dan produk serupa lainnya belum disetujui oleh FDA. FDA menegaskan bahwa pasien yang memiliki keluhan sakit harus mendapatkan produk obat yang sudah terjamin keamanan dan efektivitasnya.

Mengingat MMS dan produk sejenis belum mendapatkan izin, FDA mengimbau agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks dan mengonsumsi produk tersebut. FDA juga mengimbau agar orang tua tidak memberikan produk ini kepada anak mereka dengan alasan apapun.

Lebih lanjut mengenai produk tersebut, FDA mengatakan banyak laman daring yang memuat instruksi terkait cara menggunakan produk ini. Instruksi yang diberikan adalah mencampur cairan natrium klorit dengan asam sitrat sebelum diminum.

FDA mengatakan penambahan asam sitrat pada cairan natrium klorit akan membentuk klorin dioksida. Klorin dioksida merupakan agen pemutih yang sangat kuat.

"Mencerna produk-produk ini sama seperti meminum cairan pemutih," ungkap FDA Acting Commissioner Ned Sharpless. Meminum cairan ini dapat memicu terjadinya beragam keluhan. Keluhan ini meliputi muntah, diare, tekanan darah rendah yang mengancam jiwa, hingga gagal hati akut.

FDA mengaku telah memberikan peringatan kepada konsumen terkait produk 'ajaib' ini sejak 2010 lalu. Akan tetapi, informasi-informasi menyesatkan baru terus bermunculan.

FDA mengungkapkan bahwa banyak konsumen yang tidak sadar mengenai jaminan keamanan dan efektivitas produk ini. Oleh karena itu, FDA mendorong agar konsumen atau masyarakat segera berkonsultasi ke dokter bila memiliki keluhan masalah kesehatan agar bisa mendapatkan perawatan yang terjamin keamanan dan efektivitasnya.

Di sisi lain, FDA juga berkomitmen untuk terus melacak pihak-pihak yang menjual produk berbahaya ini kepada masyarakat. FDA tak akan ragu untuk mengambil tindakan tegas demi menertibkan para penjual nakal yang memasarkan produk berbahaya ini kepada masyarakat.

"Prioritas urama kami adalah melindungi masyarakat dari produk yang membahayakan keseharan mereka, dan kami akan mengirimkan pesan yang kuat dan jelas bahwa produk-produk ini berpotensi menyebabkan bahaya yang serius," terang Sharpless, dilansir dari Fox News.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA