Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Mengapa Tangan dan Kaki Bisa Bengkak Saat Udara Panas?

Rabu 14 Aug 2019 09:21 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Cuaca panas. (Ilustrasi)

Cuaca panas. (Ilustrasi)

Foto: ABC News
Ketika udara panas, tangan, lengan, dan kaki bisa mengalami pembengkakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mungkin menemukan tangan, lengan atau kaki sedikit membengkak ketika terkena cuaca yang sangat panas. Kondisi tersebut dikenal sebagai edema dan tidak perlu dikhawatirkan.

Tapi, bagaimana bagian tubuh tertentu membengkak hanya karena panas? Apa pula yang perlu dilakukan ketika mengalami edema?

Baca Juga

Associate Clinical Director of Bupa Health Clinics  Dr Luke Powles menjelaskan, panas, matahari, dan cuaca tropis dapat memicu peningkatan pasokan darah ke kulit Pembengkakan terjadi disebabkan ketika cairan dari pembuluh darah bergerak ke jaringan kulit.

Proses itu dapat memburuk ketika kadar garam dalam tubuh sudah rendah. Hal ini menyebabkan kulit terlihat bengkak, besar, mengkilap, dan terkadang merah, seperti ada genangan cairan di sekitar area yang terkena.

Kalau mengalami bengkak ketika terkena panas, tak perlu panik. Tetap tenang dan pastikan kecukupan cairan tubuh serta pertahankan asupan garam yang sehat, namun tidak berlebihan agar risiko dehidrasi tetap rendah.

Pembengkakan karena panas biasanya hilang dengan sendirinya setelah tubuh menyesuaikan diri dengan suhu baru. Namun, jika pembengkakan tidak berkurang dalam beberapa hari, maka sebaiknya mencari saran dari petugas medis.

Ketika menderita salah satu dari gejala tambahan, pastikan untuk mencari perhatian medis segera. Gejala tambahan tersebut antara lain temperatur tubuh tinggi, dada sesak, kesulitan bernapas, atau area yang bengkak tampak kemerahan dan terasa sakit sekali kalau disentuh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA