Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Minyak Kelapa Bisa Tingkatkan Imunitas dan Membersihkan Hati

Selasa 13 Aug 2019 15:33 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Foto: draxe
Minyak kelapa sejak lama dikenal baik bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun ada banyak makanan yang diyakini dapat membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh, satu makanan super yang mudah tersedia di sebagian besar dapur, adalah salah satu efektif untuk tetap bugar. Ingin tahu apa itu? Jawabannya adalah minyak kelapa yang diperoleh secara cold-pressed.

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa direkomendasikan untuk banyak manfaat kesehatannya. Minyak kelapa murni yang diperas secara cold-pressed dari biji kelapa yang segar dan matang didapat dengan cara alami atau tanpa proses pemanasan.

"Proses ekstraksi ini menjaga semua kebaikan alami minyak seperti Vitamin E dan mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak kelapa murni yang dipres dingin mengandung konsentrasi tinggi asam lemak rantai menengah (MCFA)," ujar Konsultan ahli gizi, Dr Sheryl Salis, RD, CDE seperti dilansir dari laman Indian Express.

Minyak kelapa murni hasil pengepresan yang mengandung Medium Chain Tryglyceride Fats (MCT) digunakan oleh hati sebagai pembersih. Lemak ini adalah salah satu lemak jenuh tersehat karena tubuh dapat dengan mudah menyerapnya. Diyakini sangat baik untuk kulit, dan bahkan dapat digunakan untuk pengelupasan sel kulit mati.

Minyak kelapa murni dapat digunakan untuk persiapan makanan sehari-hari dan bahkan membuat kue. Seseorang bahkan dapat mengonsumsi sesendok langsung setiap pagi.

Minyak juga mengandung Monolaurin yang berfungsi sebagai antivirus yang menargetkan virus yang diselimuti (virus yang terbungkus dalam lapisan pelindung lipid dan fosfolipid). Studi menunjukkan bahwa monolaurin secara nyata mengurangi jumlah virus pada pasien dengan HIV, herpes, campak, dan stomatitis vesikular, di antara virus lain.

Anda dapat menambahkan minyak kelapa dingin ke salad dan sayuran berdaun untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Juga diyakini memiliki umur simpan lebih lama dari minyak kelapa biasa.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA