Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

5 Cara Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Selasa 13 Aug 2019 13:22 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Membersihkan rumah setelah banjir.

Membersihkan rumah setelah banjir.

Foto: EPA
Jangan langsung nyalakan listrik rumah setelah banjir reda.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI-- Membersihkan rumah setelah banjir adalah tugas yang berat. Belum lagi masalah kesehatan dan bahaya lainnya yang mengintai.

Baca Juga

Seperti dilansir dari Indian Express, Selasa (13/8), ada lima hal yang harus diperhatikan setelah banjir. Pertama, periksa rumah dengan seksama.

Dianjurkan untuk tidak segera masuk ke rumah segera setelah evakuasi. Periksa kerusakan struktural dan listrik dari luar untuk menentukan apakah aman untuk masuk ke dalam rumah.

Jangan menyalakan listrik pada tingkat pertama. Penghuni rumah bisa memeriksa kabel yang longgar.

Kedua, biarkan pintu dan jendela terbuka. Ketika berencana kembali ke rumah, biarkan pintu dan jendela tetap terbuka sehingga ular atau binatang liar lainnya meninggalkan rumah.

Ketiga, gunakan tongkat untuk menavigasi. Buat suara dengan cara memukul benda. Menggunakan tongkat saat memasuki rumah untuk perjalanan yang aman.

Keempat, gunakan sodium polyacrylate untuk menyerap air. sodium polyacrylate dikenal menyerap air, setelah itu berubah menjadi benjolan padat dan dapat dengan mudah dibuang. Tetapi, orang-orang telah menyatakan keprihatinan mereka karena tidak ramah lingkungan.

Kelima, gunakan disinfektan. Semprotkan lantai dengan dari campuran 90 persen air dan 10 persen minyak tanah. Ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai. Tuang pembersih dari minyak tanah di dekat pintu masuk, wastafel dapur, serta wastafel dan pipa di kamar mandi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA