Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Tips Jitu Hemat Belanja Online

Selasa 13 Aug 2019 12:07 WIB

Rep: cermati/ Red:

Kalau Bisa Belanja Online Hemat, Ngapain Boros. Coba Gunakan Cara Ini

Kalau Bisa Belanja Online Hemat, Ngapain Boros. Coba Gunakan Cara Ini

Belanja online memang memberi keuntungan tersendiri dibanding offline

Belanja online sudah menjadi gaya hidup sebagian orang, terutama anak muda. Alasannya apalagi kalau bukan mudah dan praktis. Hemat waktu banget karena gak perlu repot-repot ke luar rumah.

Belanja online memang memberi keuntungan tersendiri dibanding offline. Selain efektif dan efisien, belanja online di marketplace biasanya bisa dapat promo menarik, seperti diskon atau potongan harga, cashback, special price, atau promo lainnya.

Jadi kamu lebih menghemat pengeluaran. Misalnya dari harga jual awal Rp100 ribu, karena dapat diskon 50%, berarti kamu cuma membayar Rp50 ribu. Tapi ingat, jangan mentang-mentang banyak promo, lalu kalap belanja. Kalau belanja jadi tak terkendali akbat promo, ya sama saja bohong.  

Tenang, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan pas belanja online supaya lebih hemat. Antara lain:

Baca Juga: Ada yang Sampai Puluhan Juta Rupiah, Ini Dia 10 Aplikasi Android Termahal di Dunia

1. Susun daftar belanja dengan cermat

Belanja Online

Susun daftar belanja dengan cermat

Sebelum belanja, sebaiknya kamu membuat daftar belanjaan terlebih dulu dengan cermat. Cara ini bukan hanya berlaku saat belanja offline, tapi juga online. Tujuan membuat daftar belanjaan, yakni agar kamu membeli sesuai apa yang sudah disusun. Itulah kebutuhanmu.

Jadi usahakan tidak melebihi daftar belanjaan tersebut. Karena kalau lebih dari itu, sifatnya sudah keinginan. Imbasnya tentu saja kamu akan gagal melakukan penghematan.

2. Rencanakan setiap belanja

Belanja Online

Rencanakan setiap belanja

Belanja tanpa rencana paling sering membuat keuanganmu jadi berantakan. Hindari kebiasaan tersebut. Kamu perlu merencanakan setiap aktivitas belanja, apakah dalam kurun waktu mingguan atau bulanan.

Dengan perencanaan, kamu dapat menghitung dan menyediakan dana belanja secara tepat. Hal ini juga akan mencegahmu dari aktivitas belanja yang tak perlu yang akan mengakibatkan pemborosan keuangan.

3. Jeli memilih promo

Belanja Online

Jeli memilih promo

Sama halnya dengan belanja offline di toko konvensional, belanja online juga perlu memperhatikan promo-promo yang ditawarkan. Jangan sembarangan memilih promo, tak membaca syarat dan ketentuan, sehingga kamu malah lebih boros atau mengeluarkan banyak uang.

Tebaran promo menarik saat belanja online memang selalu jadi godaan. Bahkan begitu kamu mengunjungi satu marketplace, lalu menemukan banyak promo oke, yang terjadi adalah belanja di luar rencana. Kalau mau lebih hemat, kamu harus lebih jeli memilih promo belanja online. Termasuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu, sehingga belanja gak boros.

Baca Juga: Mau Banget Limit Kartu Kreditmu Naik? Pakai 6 Jurus Jitu Ini. Dijamin Berhasil

4. Manfaatkan momen sale

Harbolnas

Manfaatkan momen sale

Biasanya nih ada momen-momen tertentu di mana situs belanja online menawarkan sale besar-besaran. Contohnya saat situs tersebut merayakan hari ulang tahun, momen Harbolnas, HUT Kemerdekaan RI, menjelang Lebaran dan Natal, serta momen besar lainnya.

Tentu saja harga produk yang dijual akan jauh lebih murah. Inilah kesempatanmu untuk mengeksekusi belanja barang-barang yang kamu butuhkan. Tapi ingat, belanja sesuai rencana dan patuh terhadap daftar belanja yang sudah disusun. Jangan sampai gelap mata, khilaf belanja.

5. Pilih situs belanja dan produk terbaik

Belanja Online

Pilih situs belanja dan produk terbaik

Memilih situs belanja online yang tepat untuk berbagai kebutuhan merupakan salah satu langkah cerdas dalam berhemat. Tidak perlu membeli semua barang dalam satu situs online sekaligus, sebab bisa saja produk tertentu justru jauh lebih murah di situs lainnya.

Pilih situs belanja yang menawarkan keuntungan, seperti gratis ongkos kirim tanpa batas minimum pembelian, atau lainnya. Kalau bingung mau pilih situs belanja online mana, kamu bisa baca ulasan dari para pembeli.

6. Gunakan jasa pengiriman murah dan terpercaya

Belanja Online

Gunakan jasa pengiriman murah dan terpercaya

Hemat biaya belanja dengan memanfaatkan layanan pengiriman gratis dari situs belanja. Namun jika hal ini tidak bisa kamu dapatkan, kamu juga dapat menghemat biaya pengiriman dengan cara memilih layanan pengiriman termurah.

Biasanya memang memakan waktu lebih lama dibanding pengiriman kilat. Tapi kalau kamu tidak sedang terburu-buru, lebih baik cari harga layanan pengiriman termurah, tapi terpercaya. Lumayan kan bisa hemat uang.

Manfaatkan Metode Pembayaran Tertentu agar Untung Maksimal

Belanja online dapat menjadi aktivitas menyenangkan kalau kamu juga bisa mengelola keuangan dengan tepat. Salah satunya dengan belanja hemat. Manfaatkan juga metode pembayaran lain, seperti dompet digital, kartu debit, kartu kredit untuk keuntungan yang lebih maksimal.

Baca Juga: Gak Sampai Rp100 juta! Ini Kisaran Modal dari 4 Usaha Kekinian

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA