Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Mulai Olahraga Baru di Usia 40, Masihkah Bermanfaat?

Senin 12 Agu 2019 09:18 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

fitness crossfit

fitness crossfit

Foto: menshealth.com/gettyimages
Banyak orang yang baru menyempatkan diri berolah raga ketika sudah berusia 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika usia muda dan terlalu fokus bekerja, tak sedikit orang yang melewatkan waktu untuk berolah raga. Hingga akhirnya mereka sadar akan manfaat berolahraga ketika usia sudah 40 tahunan.

Lalu apakah itu terlambat? Jawabannya tidak sama sekali.

Baca Juga

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa berolah raga, seperti angkat beban pada usia 40-an, bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, olah raga di usia kepala empat juga bisa menurunkan risiko kematian hingga 35 persen, hampir setara dengan olah raga seumur hidup.

Men's Journal pada Senin (12/8) melaporkan bahwa fitnes pada usia 40 juga bisa menurunkan risiko kematian yang terkait dengan penyakit jantung hingga 40 persen. Lalu risiko kematian terkait kanker turun sebesar 15 persen.

Meski demikian, para peneliti masih mencari tahu penyebab berolah raga pada usia 40-an bisa menstimulasi pertahanan tubuh. Namun, yang pasti, tidak salah jika kita mencobanya bukan?

Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan personal trainer untuk meminimalisir cedera. Tap,i jika tidak menggunakan jasa pelatih pun aman-aman saja, asal tetap berhati-hati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA