Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

Jumat 09 Aug 2019 18:33 WIB

Rep: cermati/ Red:

BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

BTS, boyband asal Korea Selatan ini, telah berhasil menarik perhatian dunia

Siapa yang tak mengenal BTS jaman sekarang, boyband asal Korea Selatan ini telah berhasil menarik perhatian dunia dengan talent dan visual mereka yang memukau. Sosok BTS sendiri sudah tidak lagi dipandang hanya sebagai seoarang ‘idol’ tapi juga inpirasi, influencer hingga pahlawan di era modern.

Menjadi salah satu fenomena di dunia saat ini, wajah-wajah BTS sudah tidak asing lagi untuk semua orang baik untuk para pecinta kpop sampai non-kpop. Pengakuan internasional yang diraih oleh BTS tidak hanya melambungkan nama mereka tapi juga penghasilan mereka.

Bersumber dari Forbes BTS saat ini menempati posisi no.43 dalam daftar Forbes Celebrity 100, daftar ini adalah berisi daftar 100 artis berpendapatan paling tinggi saat ini. BTS berhasil masuk kedalam daftar ini dengan sukses menghasilkan pendapatan kotor sebesar $57 juta atau Rp810 miliar selama setahun terakhir.

Tidak sampai disitu, boyband yang beranggotakan RM, Jin, Suga, Jimin, V, dan Jungkook ini pun merupakan satu-satunya grup band K-pop yang masuk kedalam daftar ekslusif tersebut. Super tajir di usia yang masih sangat muda, ini dia sumber kekayaan BTS, boyband dengan penghasilan tertinggi di dunia versi cermati.com:

 

1. World Tour

Konser BTS di London, Inggris
Konser BTS di London, Inggris via theindependent.co.uk

Setelah berhasil mengambil perhatian dunia dengan musik mereka, Big Hit agensi tempat BTS bernaung pun tidak membutuhkan waktu lama untuk mengumumkan world tour pertama BTS pada tahun 2017 berjudul The Wings Tour, mengunjungi 17 kota di 10 negara di seluruh dunia dan berhasil menjual sebanyak 550 ribu penonton.

Berikutnya BTS mengumumkan kembali world tour mereka di tahun 2018 yang bertajuk Love Yourself World Tour dan Love Yourself: Speak Yourself di tahun 2019 yang diselenggarakan di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Konser terakhir mereka yang paling fenomenal adalah di London, Inggris di Wembley Stadium yang berhasil dihadiri lebih dari 120 ribu penggemar selama 2 hari.

Bagaimana tidak menjadi sumber penghasilan tinggi dari BTS. Set tour Amerika mereka saja sudah menghasilkan sekitar Rp625 miliar, dan belum lagi set tour di benua dan negara lainnya.

Baca Juga: BTS, Pernah akan Dibubarkan Hingga Menjadi Idol Group Korea Pertama yang Masuk Forbes

2. Penjualan Album Trilogi ‘Love Yourself’

Album Love Yourself Trilogy
Album Love Yourself Trilogy via imgrum.pw

Love Youself tidak hanya tajuk untuk konser dunia BTS tapi juga judul album mereka. Mengusung konsep series trilogy dipromosikan bersama dengan world tour mereka dengan judul dan tema yang sama. Kalimat dari ‘Love Yourself’ seakan menjadi sebuah jargon khusus dari BTS.

Trilogi album tersebut adalah:

  • Love Yourself: Her
  • Love Yourself: Tear
  • Love Yourself: Answer

Setiap single dari masing-masing series album berhasil menempati posisi tinggi di berbagai chart musik internasional seperti Billboard dan Melon Chart. Selain itu album terakhir mereka Map of the Soul: Persona pun berhasil memecahkan berbagai prestasi musik di dunia internasional yang tidak pernah bisa diraih sebelumnya oleh kpop idol group lain.

3. Film Dokumentasi Konser

Poster Film Bring The Soul The Movie 2019
Poster Film Bring The Soul The Movie 2019 via prnewswire.com

Melalui kesuksesan konser dunia, Big Hit pun ikut mengumumkan film dokumentasi konser yang bertujuan untuk mempertahankan euforia kesuksesan konser mereka. Tidak tanggung-tanggung BTS telah berhasil melahirkan 2 seri film dokumentasi mereka yang berjudul Burn The Stage: The Movie pada November 2018 dan BTS World Tour: Love Yourself in Seoul. Kedua kesuksesan film ini berhasil menghasilkan keuntungan sebesar Rp429 miliar dan yang terbaru Bring The Soul: The Movie.

4. Model dan Bintang Iklan

LG X BTS
LG X BTS via asianjunkie.com

Pada akhir tahun 2018 BTS berhasil meraih angka hingga Rp35,6 miliar sebagai bayaran untuk setiap iklan yang mereka bintangi. Tentu saja harga ini bisa dikatakan yang tertinggi yang pernah diraih oleh sebuah idol group.

Menjadi model iklan terpopuler saat ini BTS berhasil mengalahkan angka dari atlet cantik Kim Yuna yang sebelumnya pernah menjadi model iklan termahal dengan bayaran 1,4 Miliar won atau Rp16 miliar per iklannya. Dengan ‘power’ yang dimiliki BTS saat ini di dunia musik internasional tentu tidak heran BTS berhasil melipatgandakan standar tersebut sebagai bintang iklan termahal di Korea saat ini. Brand terkenal yang pernah dibintangi oleh BTS adalah Lotte Duty Free Korea, LG Korea, Hyundai Korea dan Coca-Cola.

5. Aplikasi Online BTS World

Netmarble BTS World
Netmarble BTS World via btsw.netmarble.com

Pada Juni 2019, Big Hit meluncurkan sebuah bisnis baru dengan BTS tentunya sebagai wajah utama dari aplikasi ini. Aplikasi ini bernama BTS World, dimana para penggemar bisa secara virtual memantau kegiatan BTS secara maksimal dari aplikasi ini, mulai dari jadwal official mereka, informasi terbaru masing-masing member, hingga berita terbaru mengenai album dan konser mereka.

Baru diluncurkan, aplikasi ini berhasil mencapai peringkat no.1 sebagai aplikasi paling banyak di download di seluruh dunia baik untuk Google Play Store atau App Store milik Apple. Tidak hanya itu aplikasi lain berbayar lain yang menggaet BTS sebagai bintang utama mereka seperti Vlive dan Red Tube pun patut diperhitungkan sebagai salah satu sumber penghasilan dengan nilai tinggi untuk BTS.

Baca Juga: BTS Gelar World Tour 2019, Ini Fakta menarik BTS yang Wajib Tahu

 

Ciptakan Kesuksesan Kamu Sendiri

Bahkan group setenar BTS pun harus melewati berbagai hal sulit untuk mencapai posisinya saat ini. Masa trainee yang berat, hingga kesibukan jadwal yang banyak menguras energi. Tidak jarang banyak dari member BTS sering keluar-masuk rumah sakit karena kelelahan. Tapi karena tidak mudah menyerah, kerja keras mereka pun terbayarkan bahkan melambungkan nama mereka menjadi yang seorang artis yang tidak hanya populer tapi juga salah satu terkaya di dunia.

Kamu pun bisa menjadi seperti mereka, bisa sukses di bidang yang kamu tekuni. Walaupun harus dijangkau dengan waktu yang lama, tapi dengan kesabaran, skill dan pengalaman yang sudah ditanam dalam diri sendiri dalam menjalani profesi kamu selama ini. Kamu pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraih kesuksesan yang sama besarnya.

Baca Juga: Inspirasi Positif dari BTS ‘Kpop Group’ Pertama yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA