Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Cara Ayah Bantu Ibu Sukseskan Pemberian ASI pada Bayi

Rabu 07 Aug 2019 14:21 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Christiyaningsih

Ibu menyusui anaknya (ilustrasi)

Ibu menyusui anaknya (ilustrasi)

Foto: Republika/Amin Madani
Pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu. Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta sang ayah juga ikut membantu menyukseskan pemberian ASI.

Baca Juga

Menurut Nila meski ibu harus memberikan ASI pada buah hatinya hingga berusia dua tahun, ayah juga wajib memberikan dukungan perhatian dan kasih sayang pada istrinya.

"Saya kira betul kalau ayah harus mendukung istrinya yang sedang hamil dan menyusui karena terbukti kalau ibu dalam keadaan senang maka bisa menghasilkan hormon oksitosin yang membuat ibu lebih sehat," kata Nila saat ditemui usai membuka Workshop Puncak Peringatan Pekan ASI Sedunia 2019 di Jakarta, Rabu (7/8)

Hormon oksitosin inilah yang bisa mempercepat penyembuhan penutupan rahim sang istri dengan sempurna. Tak hanya itu, Nila menyebut ada dukungan lain yang bisa diberikan ayah pada ibu menyusui.

Dukungan tersebut berupa membantu istri cukup istirahat dan tidak stres. Ayah juga diminta ikut bangun saat ibu menyusui sebagai bentuk dukungan moral karena istrinya sedang lelah. Selain itu, ayah juga bisa membantu sendawakan bayi setelah menyusui, ikut mengganti popok bayi, hingga menolong ibu ikut membersihkan rumah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA