Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Bingung Atur Keuangan? Coba Terapkan Pedoman Mudah Ini

Rabu 07 Aug 2019 14:14 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih

Mengelola keuangan

Mengelola keuangan

Foto: pixabay
Perencana keuangan Metta Anggriani menyarankan pedoman sederhana kelola uang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada rumusan perencanaan keuangan yang baku dan dapat berlaku umum untuk semua orang. Bagi yang masih bingung mengatur finansial, perencana keuangan Metta Anggriani menyarankan pedoman sederhana.

"Prinsip 10-20-30-40 adalah kondisi ideal untuk mengatur pengeluaran," kata Metta pada kelas finansial Jenius Financial Check Up Your Lifestyle #hariharijenius.

Dia menjelaskan, pembagian persentase itu terbagi dalam sejumlah pos. Pertama, sebanyak 10 persen dialokasikan untuk tabungan juga zakat dan dana kebaikan. Lantas, 20 persen untuk investasi, asuransi, dan dana darurat.

Hal krusial yang menjadi kunci adalah konsep 30 yang artinya cicilan utang produkif tidak boleh lebih dari 30 persen penghasilan bulanan. Sebanyak 40 persen idealnya untuk pengeluaran sehari-hari.

Untuk masa awal bekerja atau berumah tangga, bisa jadi kondisi ideal itu sulit tercapai. Bisa saja hampir semua gaji habis untuk biaya operasional. Berhemat sangat penting untuk menabung dan menekan biaya operasional.

"Bagaimana jika kurang? Kurangi gaya hidup, bedakan kebutuhan dengan keinginan, atau naikkan pendapatan dengan mencari sumber penghasilan lain," kata Metta.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA