Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Mencari Tempat Penitipan Anak di Jakarta Selatan

Selasa 06 Agu 2019 09:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Anak-anak bermain di tempat penitipan anak Roots Learning Center di Jalan Brawijaya, Jaksel.

Anak-anak bermain di tempat penitipan anak Roots Learning Center di Jalan Brawijaya, Jaksel.

Foto: ist
Tempat penitipan anak harus mendukung tumbuh kembang anak sesuai tahapan usia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yasmina Hasni ingat betul kesulitannya mencari tempat penitipan anak ketika masih bekerja. Meski fasilitas tempat penitipan anak sangat membantunya, tapi Yasmina mengaku ada banyak hal yang mengganjalnya ketika harus menitipkan putra pertamanya.

"Waktu Abib (putra Yasmina) umur dua tahun saya kerja freelance. Kadang saya butuh daycare untuk menitipkan Abib saat harus meeting dengan klien," kata Yasmina. Ketika itu, sekitar enam tahun lalu Yasmina tinggal di Bekasi dan tempat bertemunya dengan klien biasanya ada di tengah Ibu Kota.

Sang putra lalu dititipkan di tempat penitipan anak yang terdekat dengan lokasi Yasmina harus bertemu klien. "Kadang saya ketemu daycare yang tempatnya bagus, pernah juga Abib nangis waktu dijemput karena daycare isinya terlalu banyak anak dan dia tidak nyaman," cerita Yasmina.

Empat tahun lalu Yasmina dan mitranya mendirikan tempat penitipan anak yang diberi nama Taman Main. Sekarang Taman Main bertransformasi menjadi Roots Learning Center yang berlokasi di kawasan Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Yasmina menganut konsep 'parenting is easy' dalam mendirikan Roots Learning Center. "Anak itu apa sih yang dibutuhkan? Yang dia butuh adalah attachment dengan orang tuanya. Dia butuh hubungan itu," katanya.

Pada dasarnya, kata Yasmina, ia ingin menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak. Untuk penitipan anak, Roots Learning Center menerima penitipan dari bayi tiga bulan hingga anak usia empat tahun. Menariknya, di sini anak bisa dititipkan pula di akhir pekan bahkan bisa diinapkan jika orang tua terpaksa dinas di luar kota.

Untuk usia bayi hingga dua tahun, satu pengasuh akan memegang dua anak. Sedang dari usia dua tahun sampai empat tahun, satu pengasuh memegang empat anak.

Pengasuh juga dibekali dengan keterampilan yang diperbarui secara berkala. Mulai dari pelatihan psikologi, pelatihan dari tenaga medis, pelatihan dari Safe Kids, fisioterapis, pelatihan dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), hingga pelatihan mendongeng ke anak.

"Pengasuh harus tahu komunikasi dengan bayi, manajemen laktasi yang bayinya masih minum ASI, kedaruratan, praktik menyimpan ASI perah, hingga kemampuan mendongeng ke anak," kata Yasmina.

Roots Learning Center menerima penitipan anak mulai dari setengah hari, harian, akhir pekan, mingguan, bulanan, dan menginap. Anak biasanya bisa diantar dari mulai pukul 06.30 dan dijemput lagi pukul 18.00 WIB.

Yasmina mengatakan, anak yang dititipkan sebelumnya harus menjalani assesment dulu bersama orang tua. Anak juga akan mendapatkan assesment dari psikolog selama dititipkan, tujuannya agar anak terpenuhi capaian tumbuh kembangnya sesuai tahapan usia.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA