Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Resep Gordon Ramsay Buat Scrambled Egg

Jumat 02 Aug 2019 09:50 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Gordon Ramsay

Gordon Ramsay

Foto: EPA
Scrambled egg harus memiliki tekstur lembut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak telur sudah menjadi pilihan paling mudah untuk dilakukan ketika tidak memiliki bahan-bahan makanan lain di rumah. Waktu memasak yang singkat dan cukup menambahkan garam dan merica saja, sudah bisa menjadi telur dadar atau telur mata sapi.

Hidangan umum masyarakat Indonesia untuk memasak telur secara cepat itu bisa ditambah lagi dengan sajian Scrambled Egg. Menu ini tidak bisa dibilang menyerupai telur dadar dengan cara diorak-arik, sebab sebenarnya proses memasaknya bukan digoreng.

Chef Gordon Ramsay memiliki resep sendiri untuk membuat hidangan sarapan favoritnya itu. Ramsay memiliki trik yang tidak hanya membuat telur orak-arik terasa lebih enak, namun, juga membuat prosesnya lebih sederhana.

Ketika memasak telur dadar sangat diperlukan pengocokan di awal, Scrambled Egg justru tidak sama sekali.

Pecahkan telur langsung ke panci dingin dengan sekitar setengah sendok makan mentega. Jumlah mentega yang digunakan tergantung dari jumlah telur yang di masakan. Untuk setengah sendok makan biasanya digunakan untuk memasak dua atau tiga telur sekaligus.

Kemudian, letakkan wajan di atas kompor dan campur telur dengan cepat dengan spatula karet. Proses pengadukan harus terus dilakukan sepanjang memasak, dan perlu diingat juru masak ternama ini memiliki teknik memasak sendiri.

Ketika memasak, Chef Ramsay memilih untuk mengentaskan panci dari atas api yang sedang dan tetap mengaduknya. Ketika suhu sedikit menurun, panci kembali diletakkan di atas api dan ini bisa berulang hingga tiga kali sampai telurnya matang.

Hal yang perlu dicatat, selama proses sebelum dan ketika memasak, bahan telur orak-arik ini tidak sama sekali diberi garam dan lada. Baru setelah adukan terakhir, Chef asal Inggris ini memberikan krim satu sendok, daun bawang, garam, dan lada secukupnya kemudian aduk dengan rata.

Perlu diketahui, krim dan mentega membuat telur memiliki rasa dan lembut. Sementara daun bawang menambah warna dan rasa. Untuk melengkapi hidangan telur itu, Chef Ramsay suka menyajikan telur orak-arik dengan tomat dan jamur bakar, dilansir dari The Kitchn.




Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA