Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Jangan Tunggu Parah, Kenali Gejala hingga Jenis Kanker Telinga Sejak Dini

Rabu 31 Jul 2019 11:57 WIB

Rep: cermati/ Red:

Jangan Tunggu Parah, Kenali Gejala hingga Jenis Kanker Telinga Sejak Dini

Jangan Tunggu Parah, Kenali Gejala hingga Jenis Kanker Telinga Sejak Dini

Selain jantung, penyakit mematikan ini berkaitan erat dengan kanker.

Selain jantung, penyakit mematikan ini berkaitan erat dengan kanker. Sekarang ini banyak jenis kanker yang bermunculan. Salah satunya adalah kanker telinga yang merupakan jenis penyakit langka. Kanker telinga ini bisa terjadi di bagian–bagian telinga. Misalnya, pada telinga bagian luar, tengah ataupun bagian dalam.

Kanker telinga dapat berasal dari tumor telinga, yang biasanya diakibatkan oleh terlalu lama terkena sinar matahari. Tumor telinga ini biasanya terjadi pada telinga bagian luar. Sementara kanker telinga bagian tengah belum dapat diketahui secara pasti. Selain tumor telinga, infeksi kronis pada telinga juga dapat menyebabkan terjadinya kanker telinga.

Adapun gejala-gejala kanker telinga yang perlu diketahui sejak dini, sehingga kamu bisa mengambil keputusan untuk pengobatannya. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut gejala serta jenis kankernya, antara lain: 

 

kanker telinga
Kanker Telinga

Gejala Umum Kanker Telinga

  1. Infeksi telinga yang terus menerus
  2. Wajah sulit untuk digerakkan
  3. Kemampuan mendengar jadi hilang
  4. Mimisan
  5. Penglihatan menjadi terganggu

Gejala Berdasarkan Posisi Tumor

Bagaimana gejala atau tanda-tanda bila seseorang mengidap kanker telinga yang disebabkan oleh tumor?

1. Tumor di Telinga Bagian Luar

Gejala awal ditandai dengan adanya benjolan yang berada telinga yang disertai dengan rasa sakit dalam kurun waktu yang cukup lama. Biasa pada gejala ini bisa berlangsung hingga 4 minggu lamanya. Selain itu, benjolan berwarna merah muda, permukaan bersisik dan kadang disertai dengan keluarnya darah dan cairan putih agak kuning atau nanah.

Pada luka atau bisul yang ada di telinga merupakan indikasi awal terjadinya kanker telinga. Selain itu, ciri kanker telinga lainnya adanya tahi lalat yang mengalami perubahan warna dan bentuk, bahkan terus tumbuh.

Pertumbuhan tumor pada telinga bagian luar cenderung lambat, sehingga mempengaruhi proses identifikasinya. Jika kamu mengalami hal-hal seperti yang disebutkan diatas lebih baik segera dikonsultasikan dengan dokter.

2. Tumor di Telinga Bagian Tengah

Kanker telinga bagian tengah biasanya ditandai dengan keluarnya cairan disertai dengan darah yang berasal dari bagian tengah telinga. Gejala lain yang dapat dialami adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian tertentu telinga biasanya daun telinga, adanya gangguan pendengaran, terjadi bengkak pada kelenjar getah bening bahkan ada beberapa kasus hingga wajah tidak bisa digerakkan pada bagian telinga yang kena kanker.

3. Tumor di Telinga Bagian Dalam

Kanker telinga pada bagian dalam biasanya jarang terjadi dan jarang pula ditemukan. Gejala yang dirasakan akibat munculnya penyakit ini hampir sama dengan kanker telinga pada bagian tengah, yaitu nyeri, gangguan pada pendengaran, sakit kepala, dan  daun telinga terasa sakit.

Gejala-gejala lain yang ditimbulkan dari kanker telinga berbeda-beda sesuai dengan jenisnya yang diderita pasien. Berikut ini jenis-jenis kanker telinga beserta gejala-gejala yang ditimbulkan.

Baca Juga: Leukemia: Kenali Jenis, Gejala dan Pengobatannya

Jenis Kanker Telinga

1. Kanker Sel Basal

Kanker ini berkembang di area wajah hingga telinga. Ditandai dengan munculnya ulkus atau sebuah luka benjolan di daerah telinga yang semakin lama semakin membesar dan tidak dapat sembuh dalam waktu yang singkat. Ulkus berubah mengeras dan berkerak, bahkan akan berdarah jika tersentuh.

Kanker sel basal yang sangat agresif tentunya bisa menimbulkan masalah di seluruh telinga bagian luar. Kanker di sel basal ini cukup berbahaya, karena diindikasikan tidak menyebar secara keseluruhan, tetapi secara lokal saja dan mampu menyebabkan kerusakan jaringan.

2. Kanker Sel Skuamosa

Kanker telinga pada sel skuamosa ini berbentuk seperti sayur kembang kol atau berupa ulkus. Benjolan ini akan  melekat pada bagian bawah jaringan. Penyebaran sel-sel kanker ini akan dimulai dari kelenjar getah bening yang berada di dekatnya dan semakin menyebar melalui darah hingga ke tulang temporal.

3. Melanoma Maligna

Kanker ini biasanya berawal dari tahi lalat yang sudah ada. Tahi lalat akan berubah warna menjadi hitam, tumbuh dengan cepat dengan ukuran dan batasan yang tidak rata. 

Perluasan kanker ini akan membentuk seperti satelit  yang mengelilingi kanker utama. Penyebarannya pun dapat melalui darah dan sistem limfatik.

4. Karsinoma adeniodcystic

Perkembangan kanker ini berada pada saluran telinga bagian luar. Termasuk kedalam jenis kanker telinga yang langka dan pertumbuhannya yang sangat lambat. Kanker ini dapat berasal dari kelenjar keringat, kelenjar ludah dan kelenjar yang menghasilkan kotoran telinga.

Beberapa gejala yang ditimbulkan adalah kelemahan otot wajah, kehilangan pendengaran, serta nyeri akut. Kanker ini menyebar secara local ke kelenjar ludah, kelenjar getah bening dan juga tulang, bahkan hingga paru-paru dan hati yang letaknya cukup jauh dengan daerah yang terkena kanker. 

5. Adenokarsinoma ceruminous

Kanker ini berkembang pada kelenjar yang mengeluarkan kotoran telinga. Gejala utamanya sakit pada telinga dan gangguan pendengaran. Kanker ini mempengaruhi saraf wajah dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada saraf wajah.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan antara Tahi Lalat Normal dengan yang Ciri-Ciri Kanker

Cara Penanganan Pertama

Cara satu-satunya yang dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit ini adalah dengan melakukan tes laboratorium dengan mengambil beberapa sampel jaringan. Jaringan yang diambil berasal dari wilayah yang tidak normal pada telinga. Tindakan ini dikenal dengan istilah biopsi.

Biopsi dilakukan dengan memberikan suntikan anestesi (bius) terlebih dahulu kepada pasien agar pasien tidak mengalami rasa sakit saat pengambilan sampel jaringan. Jika sampel yang akan diambil berada pada telinga bagian tengah maka dokter akan melakukan bius secara total.

Jika biopsi menunjukkan hasil yang positif, maka akan diambil tindakan lanjutan dengan melakukan CT scan atau MRI scan. Hal ini dilakukan agar bisa memutuskan perawatan apa yang akan dijalani oleh pasien.

Segera Berobat ke Dokter

Mendeteksi kanker telinga sejak dini sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir perkembangannya yang cukup pesat dan mencegah penyebarannya ke organ-organ vital telinga yang lainnya. Berkonsultasi ke dokter merupakan langkah selanjutnya yang dapat dilakukan. Kepastian seseorang mengidap kanker telinga hanya dapat dibuktikan melalui tindakan medis yang langsung dilakukan oleh para dokter yang memang sudah ahli dibidang kanker.

Baca Juga: Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks, Ciri-Ciri, Pencegahan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA