Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Lima Cara Kelola Aktivitas Pagi Agar tidak Stres (2)

Senin 05 Aug 2019 05:45 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Wanita cantik saat bangun tidur (Ilustrasi)

Wanita cantik saat bangun tidur (Ilustrasi)

Foto: Health
Membereskan barang-barang dan menyiapkan sarapan bisa kurangi stres di pagi hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai macam kesibukan sehari-hari terkadang membuat stres. Tak heran beberapa orang pun merasa malas bahkan cenderung takut ketika akan menghadapi pagi.

Baca Juga

Kesibukan itu sebaiknya tak disikapi dengan rasa stres. Agar tidak menimbulkan stres, ada cara mengelola aktivitas yang benar di pagi hari. Dilansir The Guardian, ada lima kiat dalam menghadapi kesibukan di pagi hari tanpa harus mengalami stres.

3. Membereskan barang-barang

Advokat Silverthorn memberikan saran untuk menyiapkan rutinitas dengan baik yaitu dengan menempatkan kunci dan barang-barang penting lainnya di tempat yang sama. Selain itu, disarankan untuk terus declutter atau mengurai barang-barang untuk memilih mana yang diperlukan dan mana yang tidak diperlukan.

 

"Mengurai rumah juga bisa mengarah ke rutinitas yang lebih ramping. Semakin sedikit yang dimiliki semakin mudah untuk bertanggung jawab atas rumah, daripada barang itu menjadi sebuah tanggung jawab,” jelasnya.

 

4. Siapkan sarapan

Wallace membagikan pengalamannya mengelola rutinitas agar tak menjadi stres tetapi tetap sehat dengan sarapan. Dia membuat gandum sejak malam sebelumnya dengan jumlah yang agak banyak. Gandum itu menjadi sarapan dan juga makanan bekal untuk bekerja pada hari berikutnya.

Sedangkan Silverthorn menyarankan diperlukan sistem di tempat seperti daftar periksa atau tempat teh dan kopi di dapur agar mudah mencarinya. Akan tetapi dia memperingatkan terhadap hal-hal yang rumit karena memiliki kemungkinan lebih kecil untuk bertahan dalam jangka panjang.

“Jika anak-anak cukup besar untuk membuat sarapan sendiri, tinggalkan mangkuk dan makanan dalam jangkauan mereka untuk mendorong kemandirian. Dapur adalah pusat rumah. Jika itu di tempat yang tepat maka semuanya berjalan lebih lancar,” katanya.

5. Ambil waktu sejenak

Banyak dari kita lebih memilih untuk terus melakukan kegiatan rutin pagi hari agar waktu tak terbuang sia-sia. Ternyata, Silverthorn melihat hal itu merupakan sebuah kesalahan.

Dia menyarankan untuk memulai hari dengan menjauhkan diri dari gawai setidaknya lima menit sambil membuat secangkir teh dan duduk untuk meminumnya dengan tenang. “Itu penting bagi saya setiap pagi. Lima menit untuk menyatukan pikiran. Mungkin itu sulit, tetapi lima menit bisa dilakukan,” kata dia.

Wallace mengatakan rutinitas sehari-hari juga dapat mengurangi stres dengan beberapa penyesuaian. “Periksa penundaan, tinggalkan banyak waktu, kenakan sepatu yang nyaman dan siapkan buku atau podcast untuk perjalanan Anda,” jelas Wallace.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA