Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Lima Kiat Mengurangi Konsumsi Kopi

Senin 29 Jul 2019 11:13 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Pria meminum kopi (Ilustrasi)

Pria meminum kopi (Ilustrasi)

Foto: Google
Ada lima kiat agar kita bisa mengurangi konsumsi kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cukup banyak orang yang terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi. Bagi pecandu kopi, menyeruput minuman ini di waktu pagi bisa membuat hari lebih semangat.

Namun ada pula dari mereka yang hobi minum kopi dan mulai bermasalah dengan lambung. Lalu jika demikian, bagaimana agar bisa mengurangi hasrat minum kopi? Berikut lima tipsnya dilansir Body and Soul.

1. Kurangi perlahan

Untuk bisa lepas dari kopi, cara terbaik yaitu dengan mengurangi asupan kopi secara perlahan. Pendekatan itu dinilai jauh lebih lembut sehingga tidak membuat diri tersiksa.

Misalnya, jika Anda terbiasa minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari atau kira-kira 300-400 miligram kafein, mulailah dengan mengurangi satu atau dua cangkir setiap hari. Sebagai pengganti, Anda bisa mengonsumsi minuman nonkafein yang juga disukai.

Dengan cara ini, Anda akan mengurangi asupan kafein menjadi kurang dari 100 miligram sehari. Terus lakukan itu secara perlahan hingga Anda akan terbiasa tidak mengonsumsi kopi.

2. Ganti minuman lain

Selain mengurangi asupan kopi, Anda bisa menjadikan teh sebagai pengganti. Ada banyak varian teh yang bisa dinikmati di pagi hari misalnya teh herbal, teh melati, white tea, dan lainnya. Selain teh, Anda juga bisa mencoba membuat air lemon hangat.

3. Ubah rutinitas

Kedai kopi rasanya sudah menjadi pilihan lumrah untuk dijadikan tempat nongkrong, berkumpul bersama kolega, bahkan untuk bekerja. Untuk Anda yang ingin mengurangi asupan kopi pesanlah minuman lain selain kopi.

Sebaiknya Anda juga mengurangi kunjungan ke kafe. Itu akan memudahkan untuk mengurangi kebiasaan kopi harian.

4. Sarapan

Jika biasanya kopi jadi minuman yang dinikmati untuk memulai hari, Anda bisa menggantinya dengan sarapan buah, roti, susu, atau smoothie hijau. Sarapan sehat akan membantu menjaga kadar glukosa darah tetap terkontrol dan memberi energi seperti halnya kopi.

5. Setel ulang

Jika kopi menjadi rutinitas sore, maka kunci untuk menyetop kopi adalah memulai rutinitas lain pengganti kopi. Anda bisa mengganti kopi dengan teh herbal. Anda juga bisa melakukan jalan santai selama 5-10 menit untuk kemudian membuat jus sayuran. Rutinitas sore yang berbeda akan membantu mengalihkan perhatian dari kopi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA