Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Perhatikan Hal Ini Sebelum Rencanakan Anggaran Pernikahan

Senin 29 Jul 2019 06:51 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Calon pengantin perlu menyepakati metode pengaturan uang saat merencanakan anggaran pernikahan.

Calon pengantin perlu menyepakati metode pengaturan uang saat merencanakan anggaran pernikahan.

Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Calon pengantin harus terbuka saat rencanakan anggaran pernikahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pasangan yang akan menikah pernah merasakan kepanikan saat akan menghadapi kehidupan rumah tangga. Selain pusing menyiapkan biaya pernikahan, mereka juga harus menggabungkan dua individu untuk mengatur finansial bersama.

Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan, mengatur keuangan merupakan tahap yang krusial dan penting saat akan memasuki fase kehidupan baru. Sejak sebelum resmi menikah, pasangan perlu menetapkan pengaturan finansial.

"Hal itu dapat memudahkan calon pasangan menentukan cara yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan biaya yang tersedia, serta menghindari adanya pembengkakan biaya," kata perempuan yang juga menjabat sebagai Co-Founder ZAP Finance itu.

Dia menyarankan tiga kiat merencanakan anggaran pernikahan. Pertama, calon pengantin harus terbuka mengenai kondisi finansial masing-masing. Komunikasi yang jujur menjadi kunci penting untuk kelancaran perencanaan acara pernikahan sampai hidup bersama.

Kiat kedua, pasangan perlu menyepakati metode pengaturan keuangan yang sesuai dengan kondisi. Sumber penghasilan yang ada serta siapa yang akan menjadi manajer keuangan dalam keluarga amat signifikan dibicarakan demi mewujudkan pengaturan keuangan yang baik.

Prita mengatakan, setiap rumah tangga memiliki metode pengaturan keuangan yang berbeda. Tidak ada satu pengaturan yang lebih unggul dari lainnya karena semua kembali kepada kondisi finansial masing-masing pasangan.

"Ketiga, merancang rencana keuangan bersama agar terjalin komitmen untuk mewujudkan prioritas tujuan keuangan. Pengaturan ini dimulai dari biaya untuk merencanakan pernikahan hingga berumah tangga karena saling berpengaruh," ujarnya.

Ulasan Prita disampaikan pada kegiatan Bincang Shopee yang mengusung tema "Serba Serbi Keuangan dan Pernikahan". Hadir pula narasumber Publisher & COO Weddingku Reza Paramita dan Putri Indonesia DKI 1 2015 Anastasia Herzigova Mustikandrina.

Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan alasan di balik pemilihan topik tersebut. Dia berharap acara tersebut dapat menginspirasi pasangan muda dalam mengatur pembagian keuangan dengan bijak dalam kehidupan pernikahan.

Dia menyampaikan, perlengkapan rumah tangga termasuk ke dalam lima kategori terfavorit di platform Shopee. Selain itu, Shopee baru saja menambah kategori belanja terbaru "Souvenir dan Pesta" yang diharapkan bisa membantu para calon pengantin.

"Hal ini sepaham dengan visi kami untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna, khususnya pasangan baru, dalam mengakses produk-produk dengan penawaran terbaik yang menunjang perencanaan dan persiapan kehidupan berumah tangga," ujarnya.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA